• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Cuaca Buruk Akibatkan Pohon Tumbang dan Listrik Padam di Kepulauan Nias

12 August
16:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Hujan lebat dan angin kencang selama 2 malam berturut-turut menyebabkan sejumlah pohon tumbang di kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kota Gunungsitoli Darius A. Zega mengatakan pihaknya memantau pohon tumbang di sejumlah titik sejak semalam ketika hujan lebat dan angin kencang melanda. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan harta benda maupun korban jiwa.

“ Pohon tumbang salah satunya di depan rumah dinas Kajari Gunungsitoli, lainnya ada di Desa Iraonogeba, desa Onowaembo, di kecamatan Gunungsitoli Selatan dan di beberapa titik lainnya, dinas terkait sudah langsung turun melakukan pembersihan”, jelasnya, Senin (12/8/2019).

Untuk mengantisipasi bencana siang tadi pihak BPBD  turun ke sejumlah lokasi seperti di kecamatan Alo’oa dan kecamatan Gunungsitoli Barat. Wilayah ini menurutnya rentan dengan bencana tanah longsor.

“Kita terus siaga, kami juga turunkan petugas ke sejumlah titik rawan longsor, hujan lebat menurut prediksi BMKG masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan, kami beri imbauan kepada warga”, imbuh Darius.

Sementara itu Kepala BMKG Stasiun Metereologi Gunungsitoli Budi Iman Samiaji kepada RRI mengatakan dalam bulan agustus 2019  ini potensi angin kencang terutama sore-malam hari masih cukup tinggi hingga akhir Agustus. Angin kencang bisa disertai hujan ringan-sedang. Durasi angin kencang antara 1-2 jam. Perlu diwaspadai potensi pohon tumbang dan baliho-baliho tumbang.

“Kondisi cuaca ini berpotensi terjadi di Kota  Gunungsitoli, Kabupaten Nias,  Nias Barat dan Nias Utara bagian selatan. Kami minta warga waspada kondisi ini masih akan terjadi beberapa hari kedepan”, pinta Budi.

Sementara itu akibat pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN pemadaman berulang kali terjadi sejak pukul 23 hingga pukul siang tadi. Aktivitas di kantor Bupati Nias di Desa Ononamolo I Lot kecamatan Gunungsitoli Selatan  dan Kantor Bupati Nis Utara di Lotu di dari pagi hingga siang dikabarkan sempat lumpuh akibat listrik yang padam.(IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00