• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Idul Adha 1440H, Permintaan Hewan Qurban Di Kepulauan Nias Meningkat

10 August
11:51 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Satu minggu Menjelang hari raya Idul Adha, permintaan pembelian hewan gurban di kepulauan Nias semakin tinggi. Dan bukan hanya itu saja harga jualnya pun  semakin melonjak. Meskipun demikian, lonjakan harga itu tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berkurban.

Muzmin salah seorang penjual hewan kurban di desa lafau  kecamatan lahewa kabupaten Nias Utara mengatakan harga hewan kurban pada tahun ini sedikit meningkat.

Ia menjelaskan, harga satu ekor kerbau yang ditawarkan sangat berfariasi, mulai dari harga yang paling tinggi Rp21 juta hingga harga yang paling rendah Rp18 juta, dimana Perbedaan harga ditentukan oleh berat hewan kurban. selain Kerbau, harga Sapi dan kambing juga mengalami kenaikan, seperti harga sapi mulai dari Rp 16 juta sampai Rp 18 juta per ekor, dan harga sapi mulai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per ekor.

“ harganya memang berfariasi karena ditentukan berat hewan kurban “ kataya, (3/8/2019).

Ia beralasan, Kenaikan harga pada hewan disebabkan karena tingginya harga makan ternak. Selain itu, faktor keterbatasan pasokan hewan kurban  dikepulauan Nias salah satu menjadi  penyebab naiknya harga jual.

Sementara itu salah seorang pembeli hewan Qurban Suardin saat diwawancarai RRI mengatakan, harga jual hewan qurban di Nias memang mahal.

Ia mengatakan, untuk hewan qurban keluarga mereka tahun ini, terpaksa mereka membeli diluar pulauan Nias.

“ tahun ini hewan qurban kami datangkan dari luar pulauan Nias dan harganyapun sampai dilokasi hanya Rp 17-18 juta rupiah “ Ujarnya. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00