• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Hanya Desa Sisobahili Yang Melaksanakan Deklarasi ODF Di Nias Utara

3 July
23:01 2019
4 Votes (4.8)

KBRN, Gunungsitoli : Deklarasi open defecation free (ODF) stop buang air besar sembarangan (BABS) terlaksana di Desa Sisobahili Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara. 

Kepala Desa Sisobahili Fanolo Harefa S.Pd  Kamis (4/7/2019) mengatakan,   deklarasi ODF di desa Sisobahili dapat terwujud,  atas dukungan masyarakat bersama Pemerintah Desa Sisobahili, Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara melalui Puskesmas Namohalu, Wahana Visi Indonesia,  serta Pemerintah Kecamatan Namohalu Esiwa.

Deklarasi ODF tersebut sebagai wujud nyata bahwa komitmen desa Sisobahili Stop BABS telah di sahkan melalui penandatangan prasasti oleh Pemerintah Nias Utara bersama masyarakat desa Sisobahili dan hal ini merupakan sala satu satu pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

“ dalam waktu dekat pemerintah Desa Sisobahili bersama BPD akan membuat Peraturan Desa (Perdes) agar warga dapat mematuhi komitmen stop BABS dan bila warga tidak mengindahkan ketentuan itu akan dikenakan sanksi” Tegas, Fanolo.

Ia berharap, agar pemerintah daerah dapat mendukung program stop BABS serta mendukung pembangunan utamanya di bidang peningkatan pembangunan jalan di Desa Sisobahili.

Asisten 3 Setda Kabupaten Nias Utara, Yaadil Telaumbanua mewakili Bupati Nias Utara menyampaikan, di Kabupaten Nias Utara hanya Desa Sisobahili  yang pertama kali deklarasi ODF di Kabupaten Nias Utara. 

“ Pemerintah Kabupaten Nias Utara  mengucapkan selamat kepada Desa Sisobahili menjadi Desa Yang Bebas BABS dan semoga hal ini di tiru dan di laksanakan oleh desa yang ada diwilayah Kabupaten Nias Utara” Harap, Yaadil.

Yaadil mengingatkan masyakat desa Sisobahili mempertahankan komitmen Stop  BABS tersebut dan jamban yang ada di rumah-rumah warga desa Sisobahili tetap di jaga dan ditingkatkan kualitas serta  tetap di monitoring oleh pihak terkait.

Diakhir arahan Yaadil, Sangat mengapresiasi kerjasama dari semua pihak, baik dinas Kesehatan maupun WVI serta puskesmas dan Pemerintah Kecamatan, atas upaya yang di lakukan semoga program ini terus berkelanjutan untuk masyarakat. 

Ikut hadir diacara tersebut kepala dinas kesehatan, kadis P2AKB Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Sekcam Namohalu Esiwa, tokoh masyarakat dan seluruh  masyarakat desa sisobahili serta  undangan lainnya.(MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00