• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Gempabumi Seperti Tahun 2005 Akan Terjadi, BMKG: Itu Hoax

3 June
22:32 2019
1 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Gunungsitoli menyatakan bahwa isu akan adanya gempabumi disertai tsunami yang sama seperti tahun 2005 di Kepulauan Nias adalah tidak benar atau hoax. 

Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro kepada RRI mengatakan, isu tersebut sedang berkembang saat ini ditengah-tengah masyarakat melalui pesan berantai yang dibagikan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab di berbagai media sosial. 

"Sebagai informasi untuk gempabumi tidak dapat diprediksi sampai sekarang kapan itu terjadi. Jadi isu itu hoax. Baiknya juga warga bijak dalam menggunakan media sosial," ujarnya, Senin (3/06/2019).

Dikatakannya, Pulau Nias memang berdekatan dengan pertemuan lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Lempeng Indo-Australia bergerak menunjang ke dalam lempeng Eurasia dengan kecepatan 40 mm/ Tahun dan hal ini adalah wajar (normal) disetiap pertemuan lempeng yang ada di dunia.

"Jadi info yang disampaikan akan terjadi gempabumi adalah hoax untuk menakut-nakuti masyarakat. Kami himbau agar masyarakat tetap menunggu info resmi dari BMKG," tambahnya.

Adapun isu yang sedang beredar melalui pesan berantai di media sosial yang tidak perlu dipercaya tersebut adalah, "Hati-hati kita masyarakat Nias" 

Menurut survei geogerafis, bahwa terjadi kembali gempa yg sama seperti tahun 2005 yang lalu dinias,
Disebabkan lempengan dibawah tanah pulau nias telah tergeser sekirar 85%C, Hanya menunggu 15%c lagi akan terjadi gempa seperti tahun lalu, Berhati Hati, Jangan terlalu enak tidur anak-anak harus dijaga, dan jauhkan ditempat tidur anda kabel listrik krn itu berbahaya, Dan menurut perkiraan akan terjadi dalam minggu ini. Tolong ingatkan saudara anda, famyli, tentangga anda, Lebih baik disediakan payung sebelum hujan.

"Sekali lagi saya tegaskan informasi tersebut tidak benar," tegas Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00