• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Danlanal Nias Jadi Irup Pembukaan Diklatsar Pramuka Saka Bahari Kota Gunungsitoli

30 May
11:51 2019
0 Votes (0)

KRBN,Gunungsitoli : Komandan Angkatan Laut Nias Letkol.Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian,SE,M.Tr (Hanla) bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara pembukaan Diklatsar Pramuka Saka Bahari Kota Gunungsitoli angkatan I tahun 2019 yang digelar di Halaman perkantoran Pos Lanal Gunungsitoli, (Rabu/29/5/2019). Upacara itu di ikuti Kasdim 0213/Nias, Wakapolres Nias, para pengurus pramuka saka bahari Kota Gunungsitoli, ketua Gudep,Kapinsaka Wira Kartika Kodim 0213/Nias, Camat Gunungsitoli, dan anggota saka pramuka bahari dari siswa siswi SMA/SMK yang ada di Kota Gunungsitoli.

Dalam amanat ketua Kwarcab gerakan pramuka kota Gunungsitoli yang di bacakan Danlanal Nias  Letkol.Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian,SE,M.Tr (Hanla) menyampaikan bahwa, satuan karya pramuka yang di singkat Saka Bahari adalah wadah pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga dan lingkungan serta dapat  menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja.

Dikatakannya, Saka Bahari Kota Gunungsitoli yang telah di sahkan sesuai keputusan ketua Kwartir cabang gerakan pramuka kota Gunungsitoli nomor 001 tahun 2019 tentang pengesahanpengurus satuan karya saka pramuka bahari Kwartir cabang gerakan pramuka kota Gunungsitoli masa bakti 2019-2024, mempunyai tujuan membina dan mengembangkan anggotanya agar memiliki pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kebaharian, memiliki rasa cinta bahari, memiliki sikap dan cara berpikir yang lebih matang dan mampu menyelenggarakan kegiatan bidang kebaharian secara positif berdaya guna dan tetap guna serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“ dalam membentuk sikap mental kejuangan bahari, membentuk kesdisplinan dan semangat pengabdianyang tinggi terhadap para anggota, maka saka pramuka bahari mewajibkan kepada seluruh anggotanya untuk mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) saka bahari yang bertujuan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan, jiwa cinta tanah air, semangat bela Negara terhadap bangsa dan NKRI “ Ujarnya.

Dilanjutkan Danlanal Nias, kegiatan Diklatsar ini akan berlangsung selama 3 hari mulai 29 mei – 31 mei 2019 yang berlokasi di komplek Pos Lanal Gunungsitoli. Dan meliputi kegiatan Fisik dan kegiatan Non Fisik, seperti materi kedisplinan, materi rohani, dan materi cinta alam yang lebih dikenal dengan istilah Lintas Medan (Limed). Sehingga pada akhirnya kegiatan Diklatsar Saka Bahari ini akan dilakukan pelantikan sebagai anggota pramuka Saka Bahari Kota Gunungsitoli. (Bobi R).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00