• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Wujudkan “SOMASI SARO” Pemkab Nias Gelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah 2019

30 May
10:04 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Sebagai wujud implementasi peraturan pemerintah Nomor 36 tahun 2017 tentang Inovasi daerah dan sejalan dengan Motto kerja pemerintah daerah kabupaten Nias yakni “ Kreatif, Inovati, dan Kreatifitas (KIS) “, pemerintah kabupaten Nias menggelar lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) Tahun 2019.

Sekretaris Daerah kabupaten Nias Drs. F. Yanus Larosa M.AP mengatakan, lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) Tahun 2019 dalam rangka untuk menumbuhkan semangat inovasi pada masing masing perangkat daerah di kabupaten Nias, dengan melakukan upaya-upaya kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi pelayanan Publik dan tata kelola pemerintahan.  Sehingga melalui Inovasi perangkat daerah ini diharapkan terus terjadi upaya perbaikan, penyempurnaan, dan pembaharuan dalam menyelenggarakan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah demi terwujudnya Visi dan Misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias Tahun 2016-2021 yakni “ Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Nias yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”.

“Kegiatan Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) ini bertujuan untuk mengarustamakan (mainstreaming) Inovasi daerah dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. dan mewajibkan setiap OPD Minimal Satu Inovasi melalui Sinegitas Antara Rencana dan Orientasi (SOMASI SARO) “ Ujar Sekda (Rabu/29/5/2019).

Dituturkan Sekda F.Yanus Larosa, dalam menyelenggarakan Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) ini, pemerintah kabupaten Nias membuka ruang bagi Organisasi Perangkat Daerah untuk menciptakan dalam berbagi bentuk Inovasi, seperti Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan Inovasi Lainnya yang merupakan Inovasi dalam Penyelenggaraan, dengan Prinsip –prinsip Peningkatan Evisiensi, Perbaikan Efektivitas, Perbaikan Kualitas Pelayanan, Tidak menimbulkan Konflik kepentingan,  Beriontasi pada kepentingan umum,  yang dilakukan secara terbuka dengan  Memenuhi nilai kepatuhan dan Akuntabel.

“ kriteria Inovasi daerah ini pada prinsipnya tentu harus mengandung pembaharuan dari inovasi itu sendiri, yang muarnya memberikan manfaat bagi daerah atau masyarakat di kabupaten Nias “ katanya.

Adapun tahapan pelaksanaan Lomba Inovasi Perangkat Daerah tahun 2019 yakni, Bulan Juni 2019 pelaksanaan Technikal Meeting, bulan Juli 2019 Pendaftaran Jenis Inovasi setiap OPB, akhir bulan Juli 2019 Penyampaian Proposal Inovasi, Minggu ke – I – III Agustus 2019 tahapan Presentasi Proposal Inovasi, Minggu ke III dan IV Agustus Tahapan Uji Coba dan Implementasi, Penilaian akhir akan dilakukan pada Bulan November. dan Pengumuman Pemenang akan diumumkan pada Hari Jadi ke-149 Kabupaten Nias pada 4 Desember 2019. (Bobi R/BM)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00