• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jembatan Darurat Rusak Hambat Aktivitas Pelajar Di Afulu Nias Utara

21 May
08:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Warga Nias Utara meminta perhatian serius pemerintah untuk membangun Jembatan permanen di sungai alonga yang menghubungkan dusun 4 Desa Afulu dengan dusun 6 Desa Desa Lauru Fadoro menuju Sekolah Dasara Negeri (SDN) 077281 Laraga Loloanaa karena jembatan darurat yang di bangun warga warga sudah ambruk.

Salah Seorang Guru SD Negeri 077281 Laraga Loloanaa Kecamatan Afulu kepada RRI mengatakan, bahwa jembatan darurat yang di bangun oleh warga di  tahun 2017 lalu,  tidak dapat di lewati lagi dan saat ini dirinya dan guru guru lainnya yang mengajar di SDN 077281 Laraga selalu menemani siswa/siswi baik pagi hari  dan siang hari untuk menyeberanginya  sungai tersebut.

Sokhinaso menambahkan bahwa, tidak hanya itu masih ada dua lagi jembatan darurat yang di buat masyarakat bersama guru-guru di SD Negeri 077281  mengalami hal yang sama kondisinya rusak dikarenakan papannya telah membusuk sehingga yang melewatinya  tetap turun ke dasar sungai.

Selain Jembatan yang telah ambruk di wilayah itu, juga ruas jalan dari Lauru Fadoro menuju SDN 077281 Laraga Loloanaa masih terdapat 10 Kilometer yang belum tersentuh pembangunan, sehingga warga utamanya guru dan pelajar tetap jalan kaki.

Ia menyebutkan, secara pribadi sudah mulai lelah dan lemah untuk memperbaiki kembali jembatan darurat tersebut, disebabkan sudah tiga kali di bangun dan namun belum ada perhatian pemerintah daerah untuk membangun secara permanen.

“ Pernah di sampaikan kepada pemerintah desa bahkan melalui musrenbang Kecamatan namun belum ada tindak lanjut padahal jalan tersebut perlu di bangun guna memperlancar aktivitas warga utamanya guru dan pelajar “ Ungkap, Sokhinaso.

Walaupun demikian, dirinya bersama temannya guru  tidak pernah lelah untuk melaksanakan tugas sebagai abdi negara, walaupun setiap hari berjalan melewati gunung, lumpur bahkan sungai.

Ia meminta keseriusan pihak terkait baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut demi kepentingan masyarakat utamanya pelajar. (MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00