• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik di Kota Gunungsitoli

15 May
14:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Harga kebutuhan pokok di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara mulai melambung tinggi hingga seratus persen. Kenaikan harga kebutuhan tersebut diantaranya pada jenis kebutuhan bawang, cabai dan telur ayam ras. 

Selain kenaikan harga kebutuhan pokok di beberapa lokasi pasar, bahkan ada beberapa bahan pokok yang mulai langka untuk didapati oleh pembeli salah satunya seperti bawang putih yang kini kosong di pasaran. 

Akibatnya, para pembeli mengeluh akan kenaikan harga kebutuhan di bulan ramadhan ini karena sangat menyulitkan para Ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan di dapur. 

"Untuk bisa mendapatkan segala keperluan kebutuhan di bulan ramadhan biasanya beli satu kilogram cabai sekarang terpaksa hanya mampu beli setengah kilo saja guna menutupi bahan pokok lainnya," sebut Silvia, salah seorang pembeli, Rabu (15/5/2019).

Sementara itu, sejumlah pedagang di pasar tradisional di Kota Gunungsitoli ikut menaikkan harga sejumlah bahan pokok karena modal pembelian dari luar Pulau Nias juga cukup tinggi. 

"Sekarang harga cabai merah mengalami kenaikan dari Rp. 35.000 menjadi Rp. 50.000 per kilogram dan telur satu papan saat ini sudah diangka Rp 48.000 per papan dan ada beberapa lagi harga kebutuhan pokok yang naik," ujar Mama Fandi. 

"Mirisnya lagi saat ini bawang putih sudah mencapai Rp 65.000 per kilogram dan itu pun sudah mulai langka dan sulit di dapati. Mungkin karena kapal yang mengangkut dari Sibolga cuma satu lagi yang beroperasi ke Nias," tambahnya. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00