• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Keseriusan Pemda Nias Menuju Kabupaten Layak Anak

9 May
14:51 2019
4 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli : Dalam rangka pengembangan kabupaten Nias menuju kabupaten layak anak, bekerjasama dengan Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) wilayah Nias  pemerintah daerah berkomitmen untuk mengintegrasikan hak-hak anak dalam perencanaan dan pembangunan di kabupaten Nias.

Manager WVI ADP 1&2 Nias, Marcel Sinay yang dikonfirmasi RRI mengatakan untuk itu telah digelar Workshop Konvensi Hak Anak (KHA) dan kabupaten Layak Anak (KLA) kabupaten Nias baru-baru ini. Program ini jelas Marcel sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2013 memang terkesan lama namun pada 2 tahun terakhir ini kabupaten Nias semakin focus dan intens untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

Jika sebelumnya sudah dilakukan tahapan deklarasi komitmen dari Bupati Nias untuk menuju kabupaten layak anak, maka workshop ini untuk melakukan penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD).

“Kita memetakan hak anak di masing-masing kluster, apa saja isunya dan apa program yang sedang berjalan dan apa yang bisa dilakukan kedepannya, termasuk siapa ssaja mitra yang dilibatkan,” jelas Marcel, Kamis (9/5/2019).

Tahap berikutnya ungkap Marcel akan dilakukan pengesahan Rencana Aksi Daerah menuju Kabupaten Nias Layak Anak yang akan dimasukkan dalam RPJMD.

Ia menilai meski tahun ini sudah memasuki tahun kelima sejak ide ini digelontorkan, namun bisa dimaklumi karena meski progresnya perlahan namun setiap tahunnya ada peningkatan, ada kegiatan.

“Dimulai dari pembentukan Forum Anak tingkat kabupaten kemudian MoU Bupati bersama Gubsu, pembentukan gugus tugas, artinya setiap tahun jelas ada komitmennya, bahkan menyusul akan ada Perda Kabupaten Layak Anak,” puji Marcel.

Workshop Konvensi Hak Anak (KHA) dan kabupaten Layak Anak (KLA) kabupaten Nias menghadirkan narasumber  Rini Handayani SE, MM staf ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia. (IND)    

 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00