• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Kabupaten Nias Gelar PSU di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao Kecamatan Bawolato

27 April
09:17 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias, kembali menggelar pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, (Sabtu/27/4/2019)

Ketua KPU kabupaten Nias Firman mendrofa kepada RRI mengatakan, pemungutan suara ulang itu merupakan hasil rekomendasi dari pihak Bawaslu Kabupaten Nias, karena ditemukannya pelanggaran pemilu di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao kecamatan Bawolato Kabupaten Nias.

Firman menjelaskan, untuk menunjang kelancaran pada pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao itu, pihak KPU telah mendistribusikan logistik pemilu di TPS II desa Sifaoroasi Uluhao, membentuk KPPS, dan juga telah berkoordinasi dengan pihak pengawas pemilu, hingga pihak keamanan, termasuk para saksi dari masing masing partai politik.

“pemungutan suara ulang ini kita mulai pada pukul 07.00 wib dan berakhir pada pukul 13.00 wib. selanjutnya akan dilakukan perhitungan surat suara “ kata Ketua KPU Kabupaten Nias

Sementara itu, ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Hura kepada RRI menyampaikan bahwa, pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, merupakan hasil rekomendasi pihak Bawaslu kabupaten Nias. menurutnya, pemungutan suara ulang berdasarkan laporan, dimana di TPS II desa Sifaoroasi Uluhao itu terjadi pelanggaran pemilu yang tidak sesuai dengan prosedur.

“ kita sudah merekomendasikan kepada pihak KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao, karena terjadi pelanggaran pemilu yang tidak sesuai dengan prosedur mekanisme “ Ujar ketua Bawaslu.

Dijelaskan ketua Bawaslu kabupaten Nias, penyelidikan pelanggaran pemilu tersebut bermula adanya Video amatir sudah tersebar luas di tengah tengah masyarakat yang menunjukkan beberapa orang melakukan pencoblosan secara beramai ramai di TPS II  desa siforoasi uluhao kecamatan bawalato.

“ dari video itu telah melakukan  menelusuri kebenaran hinga ke tingkat penyelidikan melalui sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) “ Tuturnya

Di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao kecamatan Bawolato Kabupaten Nias ini terdapat 280 pemilih. Adapun pemungutan suara ulang yakni Pemilihan presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Sumut, dan DPRD Kabupaten. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00