• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Kota Gunungsitoli Tertibkan APK Yang Masih Terpasang

15 April
16:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Masa kampanye terbuka pemilihan umum  (Pemilu) tahun 2019 secara resmi telah berakhir pada Sabtu (13/04/2019) tengah malam.

Bertepatan dengan hari tenang, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) kota Gunungsitoli melakukan penertiban alat peraga kampanye yang masih terpasang pada sejumlah titik.

Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Antar Masyarakat pada Bawaslu Kota Gunungsitoli Nur Alia Lase mengatakan, sampai pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara 17 April mendatang seluruh peserta pemiludilarang berkampanye.

“Untuk itu kami berkomitmen menertibkan APK bersama Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Kota Gunungsitoli, sampai H-1 pemilu 2019, seluruhnya yang masih terpasang baik calon perorangan, parpol atau pangan calon,” ungkapnya kepada RRI, Senin (15/04/2019).

Menurut Nur Alia, penertiban APK juga dilakukan pada beberapa posko pemenangan seluruh peserta pemilu sesuai aturan yang berlaku.

Sebelumnya, pada saat menggelar rakor pada Sabtu (13/04/2019) pihak Bawaslu juga telah menyampaikan bahwa sesuai aturan penertiban alat peraga kampanye secara insiatif dilakukan oleh peserta pemilu itu sendiri.

“Kebanyakan memang tidak diturunkan secara mandiri, jadi hari ini kami turun ke lapangan bersama tim gabungan dengan POLRES NIAS, SATPOL PP, pihak KODIM 0213 Nias,” ungkap Nur Alia.

Adapun tim gabungan yang mulai hari ini melakukan penertiban APK juga dikawal oleh aparat keamanan. Seluruh wilayah kota Gunungsitoli dibagi atas 3 tim, tim pertama berpusat di kecamatan Gunungsitoli, tim kedua berpusat di kecamatan Gunungsitoli Selatan dan Gunungsitoli Idanoi, tim ketiga Gunungsitoli Alo’oa, Gunungsitoli Barat dan Gunungsitoli Utara. Masing-masing pihak pemerintah bersama jajaran pengawas pemilu, polres, kodim dan jajaran pengawas kecamatan, menyisir segala bentuk APK yang masih terpasang saat hari tenang ini,” jelasnya.

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00