• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Nias Utara Optimis Bahwa Pemilu 2019 Dapat Terlaksana Bila Ada Dukungan Dari LSM, Pers dan Mayarakat

11 April
18:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Utara laksanakan Pertemuan dengan LSM/Pers di Kantor KPU Desa Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara. Kamis (11/4/2019)

Pada Pertemuan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara, Memori Zendrato mengatakan, bahwa pesimis bila Pemilihan Umum terlaksana  dengan aman dan lancar di Kabupaten Nias Utara, dikarenakan hingga kini masih kekurangan surat suara sekitar 21.000 lembar lebih. 

“ bila tidak secepatnya kekurangan surat suara tersebut sampai di Nias Utara maka menjadi hambatan untuk terlaksana pemilu yang baik karena membutuhkan waktu untuk sortir surat suara dan pengepakan”. Ujar, Memori. 

Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa SH mengatakan, sesuai pemberitaan sebelumnya baik di media cetak maupun di media elektronik bahwa surat suara yang rusak di Kabupaten Nias Utara sebanyak 20.450 namun setelah di sortir ulang maka yang di nyatakan rusak/tidak layak pakai  2.694 lembar. 

Evorianus menyampaikan, bahwa kekurangan surat suara secara keseluruhan baik surat suara rusak di tambah kekurangan surat suara yang dikirimkan KPU RI di Nias Utara, sebanyak 4.112 lembar. 

“ sortir ulang surat suara yang rusak di Kabupaten Nias Utara merupakan instruksi KPU RI dan KPU Provinsi dan kekurangan surat suara tersebut,  akan di terima oleh KPU Kabupaten NIas Utara dalam waktu dekat sesuai janji KPU RI sehingga dirinya tetap optimis bahwa pemilu di Nias Utara dapat terlaksana dengan baik”  Terang, Evorianus. 

Kemudian ungkap Evorianus bahwa, tanggal 12 April  KPU Nias Utara akan melaksanakan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tribun Kabupaten Nias Utara dan setelah itu di lanjutkan saat pelaksanaan Bimtek bagi KPPS di masing-masing Daerah Pemilihan di Nias Utara. 

Komisioner KPU Nias Utara Divisi Hukum, Inotonia Zega pada pertemuan tersebut menyebutkan, bahwa ada beberapa daerah potensi kerawanan pemilu di wilayah Nias Utara, seperti di Kecamatan Tugala Oyo, Alasa, Lahewa Timur dan Afulu. 

“ Selaku Komisioner KPU meminta pihak LSM/Pers agar ikut serta mengawal tahapan pelaksanaan Pemilu di daerah tersebut,  utamanya saat pemungutan dan penghitungan suara tanggal 17 April 2019”. Harapnya. 

Pada Pertemuan KPU bersama Pers dan LSM ikut di Hadiri oleh Pihak Bawaslu Kabupaten Nias Utara.  

PEMKAB NIAS SELATAN TERUS DAMPINGI PETANI TANAM PADI DI MANIAMOLO NIAS SELATAN, Diskominfo – Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan melaksanakan gerakan tanam padi bersama para unsur pemerintah Kecamatan Luahagundre Maniomolo, TNI dan kelompok tani di kawasan “I’a Oyo Desa Maniamolo Kecamatan Luhagundre Maniamolo, Senin (15/4). Pada sambutan Camat Luahagundre Maniomolo, Ta’ajari Wau, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nias Selatan melalui Dinas Pertanian yang selalu memperhatikan kehidupan para petani dan juga berterima kasih pada Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan yang telah menempatkan Kecamatan Luahagundre Maniomolo sebagai peserta lomba bertani. Ianya mengharapkan kepada para petani padi apa yang diberikan bantuan oleh pemerintah agar dimanfaatkan dengan baik sehingga hasilnya kedepan dapat memuaskan sehingga wilayah ini menjadi tempat lumbung beras. Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan Ir. Norododo Sarumaha, MM menyampaikan untuk mengurangi impor beras dari luar Nias Selatan, pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Nias Selatan memiliki program pembinaan secara kawasan bukan lagi kelompok seperti yang dilakukan saat ini dikawasan I’a Oyo. Kawasan ini dengan luas 100 Ha terdapat 9 Desa yang berada dilokasi kawasan I’a Oyo yang termasuk dalam program pembinaan secara kawasan Dinas Petanian Kabupaten Nias Selatan. “Dengan kawasan yang 100 Ha, mudah-mudahan mejadi motivasi kepada para petani yang lainya”, harap Norododo Sarumaha. Sedangkan dikawasan lainnya yang manjadi program secara kawasan pada tahun ini adalah kawasan Nanowa di Kecamatan Telukdalam yang luasnya 110 Ha. Dengan adanya suatu motivasi yang telah diberikan Pemerintah Nias Selatan diharapkan kepada petani padi agar sungguh-sungguh melakukan pekerjaan bertani yang baik sehingga kita bisa mengurangi impor beras dari luar daerah. Untuk sentral kawasan persawahan lainya yakni Kecamatan Somambawa, Lahusa, Amandraya dan Lolowau akan diprogramkan pada tahun 2020. Disela kegiatan tanam padi, para petani padi menerima bantuan pupuk (Urea dan NPK) dan obat-obatan (Gramoxone, Antracol dan Baycard) yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan. (timliputandiskominfokabnisel).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00