• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM

Minimalisir Ancaman Pemilu 2019 Polres Nias Gelar Sispamkota

4 April
13:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Polres Nias menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019 di Halaman Apel Mapolres Nias, Kamis (4/4/2019).

Kegiatan Sispamkota ini melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019, di Wilayah hukum Polres Nias yang terdiri dari empat Kabupaten/kota. 

Kegiatan simulasi dipimpin Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.IK, M.H yang dihadiri Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua, Danlanal Nias, Kasdim 0213 Nias, mewakili Bupati Nias, Bupati Nias Barat dan mewakili Bupati Nias Utara, Komisioner beserta Bawaslu.

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, mengatakan pelaksanaan Pemilu 13 hari lagi, yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, oleh sebab itu diperlukan keseriusan dan kesiapan baik personil dan peralatan dalam menghadapi Pemilu 2019 agar dapat berjalan aman dan terselenggara secara langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil.

"Kita mempunyai tugas yang sangat berat karena pelaksanaan Pilpres dan Pileg dilaksanakan secara serentak dan akan menimbulkan kerawanan yang sangat tinggi khususnya pada saat distribusi surat dan kotak suara, pemungutan serta penetapan hasil dan pasca Pemilu," kata Kapolres.

Kapolres Nias juga mengatakan, untuk mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personil maka diperlukan latihan, salah satunya dengan mengadakan beberapa simulasi dengan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Simulasi ini, lanjut Kapolres Nias, merupakan bentuk latihan ketika situasi keamanan di wilayah hukum Polres Nias menjadi tidak kondusif maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang-undang dan protap yang berlaku.

"Intinya Polres Nias siap mengamankan Pemilu 2019. Kita juga telah melakukan pemetaan sejumlah lokasi-lokasi yang dianggap rawan. Masyarakat tidak perlu takut untuk menggunakan hak pilihnya," tambahnya. 

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua menyambut baik dengan kegiatan yang digelar Polres Nias pada hari ini. Menurutnya, simulasi tersebut menggambarkan kesiapan personil dalam mengatasi permasalahan dan solusi yang tepat. 

"Kita berharap aksi-aksi tersebut tidak terjadi di Kepulauan Nias. Kendati demikian meski terjadi kita tidak ragu lagi dengan kesiapsiagaan personil Polres Nias," tandasnya. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00