• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Masyrakat Kabupaten Nias Apresiasi Kegiatan TMMD Ke 104 di Wilayah Kodim 0213/Nias

28 March
14:42 2019
1 Votes (3)

KBRN,Gunungsitoli : Masyarakat di kabupaten Nias menyampaikan berterimakasih dan mengapresiasi Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 diwilayah Kodim 0213/Nias,  yang dipusatkan di desa tagaule kecamatan Bawolato kabupaten Nias.

Hal itu disampaikan Fatisokhi Zai mewakili tokoh masyarakat di kabupaten Nias pada saat menyampaikan sambutannya pada saat acara penutupan kegiatan TMMD ke 104 kodim 0213/Nias tahun anggaran 2019, dilapangan beringin Hiliweto kecamatan Gido, (Rabu 27 maret 2019)

Dikatakan Fatisokhi Zai, pelaksanaan kegiatan TMMD di kabupaten Nias sangat memberikan dampak positif terhadap pembangunan di wilayah itu, dan sekaligus membuka wilayah keterisoliran, mengingat wilayah kabupaten Nias ini masih termasuk dalam 3T yakni terluar, terdepan dan tertinggal.

Fatisokhi mengungkapkan, selama pelaksanaan kegiatan TMMD di desa tagaule kecamatan Bawolato, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 104 telah melaksanakan tugas dengan baik. dan bahkan dilokasi TMMD para satgas ini sangat berbaur dengan masyarakat didesa itu. Meskipun hanya satu bulan,  namun mereka telah meninggal kesan kesan yang baik bagi masyarakat, Sehingga warga masyarakat pun sangat menyayangi dan telah menganggap keluarga sendiri terhadap para satgas ini.

“ melalui kegiatan TMMD ini, satgas bukan hanya melaksanakan kegiatan Fisik belaka, namun juga melakukan berbagai kegiatan Non fisik dengan memberdayakan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan pertanian, penyuluhan perikan, dan berbagai kegiatan lainnya. Dan kebaikan itu semua tentu akan di ingat masyrakat “ Ujarnya.

Sementara itu pada sambutan kepala Staf AD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai penanggung jawab kegiatan TMMD ke 104 tahun 2019 yang dibacakan Danrem 023/kawal Samudera Kolonel.Inf.Tri Satiyono menyampaikan bahwa, TMMD yang di programkan 3 kali setahun ditahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama kementrian dan lembaga lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi masyarakat.

“ Sejalan dengan tema TMMD kali ini yakni “ saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan dibilang tekhnologi, ekonimi, sosial budaya “ Kata Kepala Staf AD.  

Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah tengah rakyat dengan menyebarkan semangat gotong royong dan energy positif untuk maju mencapai keunggulan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada TMMD Ke 104 TA 2019 Kodim 0213/Nias di desa Tagaule kecamatan Bawolato Kabupaten Nias dari tanggal 26 februari-27 maret 2019 yakni kegiatan fisik dan non fisik.  untuk sasaran fisik yaitu pembukaan badan jalan dari Desa Tagaule menuju Desa Balale Tobaa Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias sepanjang 6.000 meter, lebar 20 meter, pembuatan parit kiri- kanan jalan sepanjang 12.000 meter lebar 2 meter dan dalam 1,5 meter dan pengecekan rumah ibadah sebanyak dua unit.

Selain itu, untuk sasaran non fisik dilakukan penyuluhan terkait bela negara,  penyuluhan wasbang,  penyuluhan kabtimas dan narkoba, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian dan kehutanan, penyuluhan BKKBN dan Kesehatan, penyuluhan Perikanan, penyuluhan Lingkungan hidup, penyuluhan Mitigasi bencana, dan penyuluhan kegiatan keagamaan. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00