• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Danrem 023/KS Resmi Menutup Kegiatan TMMD Ke 104 Kodim 0213/Nias Tahun 2019 Di Kab.Nias

27 March
15:30 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Upacara penutupan kegiatan TMMD ke 104 Kodim 0213 Nias yang di pusatkan di lapangan beringin hiliweto kecamatan Gido Kabupaten Nias berlangsung lancar dan khidmat. Danrem 023/Kawal Samudera Sibolga Kolonel.Inf.Tri Satiyono bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Komandan upacara Danramil teluk dalam Mayor.Inf.Hatianus Zega.

Upacara itu diikuti 1 unit satuan musik Dramband Korem 023/kawal samudera, 1 SST kelompok perwira, 2 SST Kodim 0213/Nias, 1 SSK Yonif 123/Rajawali, 1 SST Yonif 123/Rajawali, 1 SST Polres Nias, 1 SST PNS kodim gabungan, 1 SST Satpol PP, 1 SST OKP, 1 SST Mahasiswa, 1 SST Pramuka tingkat SMA. sementara untuk tamu undangan VIP dihadiri satf ahli pangdam Kolonel.Inf.Abdi S.Zebua, pimpinan instansi vertical, para asisten dan staf ahli Bupati Nias, kepala OPD dilingkup pemkab Nias, pimpinan BUMN,BUMD, para camat, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Pada sambutan kepala Staf AD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai penanggung jawab kegiatan TMMD ke 104 tahun 2019 yang dibacakan Danrem 023/kawal Samudera menyampaikan bahwa, upacara penutupan ini menandai berakhirnya program TMMD ke 104 yang di laksanakan secara serentak di 50 kabupaten dan kota di seluruh nusantara.

Dikatakan kepala Staf AD TMMD yang di programkan 3 kali setahun ditahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama kementrian dan lembaga lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi masyarakat.

“ Sejalan dengan tema TMMD kali ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan dibilang tekhnologi, ekonimi, sosial budaya. Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah tengah rakyat dengan menyebarkan semangat gotong royong dan energy positif untuk maju mencapai keunggulan “ Ujar Danrem dalam amanat kepala Staf AD. (Rabu/27/3/2019)

Pada kesempatan itu juga itu kepala Staf AD selaku penanggungjawab oprasionel TMMD menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannnya sehingga TMMD ini dapat berjalan dengan lancar dan mecapai target yang diharapkan.

Sementara itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo laoi,MM menyampaikan termakasih kepada TNI yang telah memprogramkan pelaksanaan TMMD ke 104 tahun 2019 diwilayah kabupaten Nias, khusunya di desa tagaule dan desa balale toba’a kecamatan Botomuzoi. Hal ini merupakan bukti kongkrit dari kemanunggalan TNI dalam membangun desa bersama masyarakat dari kabupaten Nias.

“ program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik “ kata Bupati Nias.

  Di lanjutkan Bupati Nias, program TNI manunggal membangun desa ini merupakan salah satu wujud nyawa cita yaitu membangun Indonesia pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan republic Indonesia. sehingga dengan kebersamaan dan semangat kegotongroyongan dan bahu membahu antar masyarakat, pemerintah daerah dan TNI, kegiatan TMMD akan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan di kawasan tersebut, terutama dalam pembangunan dan pembukaan keterisoliran wilayah, sekalgus sebagai wujud percepatan pengembangan kawasan ekonomi cepat tumbuh yang dikenal dengan kawasan Soziona.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada TMMD Ke 104 TA 2019 Kodim 0213/Nias di desa Tagaule kecamatan Bawolato Kabupaten Nias dari tanggal 26 februari-27 maret 2019 yakni kegiatan fisik dan non fisik.  untuk sasaran fisik yaitu pembukaan badan jalan dari Desa Tagaule menuju Desa Balale Tobaa Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias sepanjang 6.000 meter, lebar 20 meter, pembuatan parit kiri- kanan jalan sepanjang 12.000 meter lebar 2 meter dan dalam 1,5 meter dan pengecekan rumah ibadah sebanyak dua unit.

Selain itu, untuk sasaran non fisik dilakukan penyuluhan terkait bela negara,  penyuluhan wasbang,  penyuluhan kabtimas dan narkoba, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian dan kehutanan, penyuluhan BKKBN dan Kesehatan, penyuluhan Perikanan, penyuluhan Lingkungan hidup, penyuluhan Mitigasi bencana, dan penyuluhan kegiatan keagamaan. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00