• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Manfaatkan Lahan Kosong,Dandim 0213/Nias Ajak Masyarakat dilokasi TMMD Tanam Jagung

24 March
08:16 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Dandim 0213/Nias (Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, SH. M. Tr (Han) selaku Dansatgas kegiatan TMMD Ke 104 TA 2019 mengajak masyarakat di lokasi TMMD memanfaatkan lahan kosong di wilayah itu untuk tanam jagung.

Dandim 0213/Nias mengatakan, bahwa salah satu program unggulan TMMD Ke 104 TA 2019 yang dilaksanakan oleh Satgas yaitu membuat lahan percontohan atau demplot Jagung di Desa Botohaenga Kecamatan Bawalato dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga.

“ Membuka lahan percontohan atau demplot Jagung di Desa Botohaenga ini salah satu program unggulan TMMD Ke 104 TA 2019. dengan harapan masyarakat di lokasi TMMD tidak hanya bergantung sebagai nelayan tetapi bisa bercocok tanam melaui demplot jagung tersebut nantinya “ Ujar Dandim 0213/Nias (Jum’at/22/3/2019)

Ditambahkan Dandim, warga disekitar lokasi TMMD adalah mayoritas berprofsi sebagai nelayan, sementara lahan kosong di sini sangat  luas.

“ inilah tujuan kita pilih program unggulan ini untuk meningkatkan ekonomi warga dan  penjualan juga tidak harus di luar pulau Nias ini,  sudah ada yang nampung. Disampin itu masyarat bisa mengolah hasil jagung ini menjadi pop cron untuk makanan ringan “ Katanya.

Sementara itu Kadis Pertanian Kabupaten Nias Fonaso Laoli mengatakan, bahwa program unggulan Satgas TMMD Ke 104 TA 2019 sangat bagus dan positif. Sehinggakita berharap masyarakat bisa membuka dan bercocok tanam melalui budidaya Jagung ini, dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga.

“ kegiatan ini sangat positif dan kita dari Dinas pertanian siap mendampingi masyarakat dalam membuka lahan kosong ini untuk dijadikan sebagai lahan budidaya jagung “ Tegas Fonaso Laoli Kadistan Kab.Nias

Pasiter Dim 0213/Nias Kapten Arm Fatolosa Waruwu menjelaskan tentang rencana pembukaan lahan tersebut yang akan melibatkan warga.

Kapten Arm F.Waruwu mengatakan, dari awal pembukaan lahan, kita terus libatkan masyarakat bersama Satgas TMMD dan Distan, mulai dari pengolahan lahan,  cara tanam, perawatan dan cara menanam dengan benih unggul sampai dengan panen, sehingga masyarakat dengan sendirinya bisa mencontoh langsung selama pelaksanaannya.

Sementara itu Kepala Desa Botohaenga Sabrani Lase menyampaikan terimakasih kepada  Dandim 0213/Nias atas perhatian kepada warga dengan membuat program unggulan ini dalam pemanfaatan lahan kosong untuk tanam jagung.  

“ kegiatan ini sangat positif terhadap warga di desa kami ini dalam meningkatkan ekonomi keluarga “ Ungkap kepala Desa Botohaenga. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00