• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Efek Equinox, Hujan Lebat Guyur Wilayah Kepulauan Nias

21 March
13:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Cuaca Mendung serta Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di hampir keseluruhan wilayah kepulauan Nias hari ini merupakan efek dari fenomena Equinox, demikian disampaikan Kepala BMKG Stasiun Metereologi Gunungsitoli Budi Samiaji, Kamis (21/3/2019).

Dijelaskannya akibat fenomena equinox terjadi peningkatan suhu di daerah-daerah khatulistiwa efeknya berlangsung panas yang maksimal karena matahari berada tepat diatas  garis khatulistiwa.

Namun dengan panas yang maksimal ini menyebabkan penguapan yang cukup tinggi, dan memicu tumbuhnya awan-awan hujan yang cukup massiv di wilayah kepulauan Nias yang dikelilingi dengan lautan

“Mendung dan hujan ini merupakan efek Equinox, kepulauan Nias kaya dengan uap air, makanya hujan turun lebat hari selama beberapa jam, namun mendung akan terjadi seharian bahkan hingga 2 hari kedepan, “ papar Budi.

Dikatakan Budi kondisi hujan dengan instensitas sedang hingga lebat hari ini diprediksi terjadi sekitar 3 jam sedangkan cuaca mendung akan berlangsung sepanjang hari hingga tanggal 23 Maret 2019.

Untuk itu Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat karena bisa menyebabkan banjir atau longsor dan khususnya nelayan untuk mewaspadai perubahan cuaca karena dapat memicu gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih.

Sebelumnya suhu panas sudah berlangsung hampir seminggu di wilayah kepulauan Nias. BMKG mencatat suhu berkisar 32-33 derajat Celsius dan kelembaban 60-70%, masyarakat merasakan suasana gerah dan kabut di udara, namun dengan adanya efek equinox, hawa panas hari ini berkurang dan pemandangan kabur akibat debu-debu yang beterbangan diudara sebagai efek cuaca panas tersingkir.

“Ini bukan kabut tapi partikel-partikel debu yang naik ke atas dan memenuhi udara sehingga pemandangan terlihat kabur, hujan hari ini sangat membantu membersihkan udara,” pungkas Budi.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00