• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Pentingnya Edukasi Bencana Sejak Dini, Satgas TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias Berikan Penyuluhan Mitigasi Bencana ke Warga

21 March
10:01 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Satgas TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias bersama dengan BPBD kabupaten Nias dan BMKG Gunungsitoli memberikan Penyuluhan Simulasi Menghadapi Bencana Gempa & Stunami kepada Warga di lokasi TMMD 104 Kodim 0213/Nias di desa Tagaule kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, (Selasa/19/3/2019)

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, SH. M. Tr (Han) melalui Pasi Ops kodim 0213/Nias Kapten.Inf.HS.Lase kepada RRI mengatakan bahwa, kegiatan penyuluhan ini,  salah satu sasaran non fisik kegiatan TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0213/Nias,  dengan tujuan memberikan pemahaman kepada warga tentang hal-hal yang dilakukan pada saat terjadi gempa. selain  itu melalui kegiatan itu juga membiasakan warga menghadapi bencana baik gempa atau stunami, serta bencana alam lainnta seperti longsor dan juga banjir.

“ kegiatan penyuluhan simulasi bencana ini merupakan masih serangkaian kegiatan Non Fisik dalam mensukseskan TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias. dan sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa ini “ Ujar kapten.Inf.HS.Lase.

Sementara itu kepala BPBD Kabupaten Nias  Elizaro Waruwu mengatakan, kegiatan TMMD Ke 104 di Pemkab Nias, merupakan kegiatan sektoral yang melibatkan semua pihak dan saat ini BPBD dan BMKG laksanakan sosialisasi, mitigasi bencana.  pada kesempatan itu kepala BPBD kabupaten Nias memaparkan penyebab terjadi stunami dan tanda tanda peristiwa stunami serta antisipasi warga.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro,S.SI yang juga menjadi narasumber mengatakan, kegiatan ini merupakan antisipasi atau simulasi kepada warga bila terjadi gempa atau stunami.  dalam paparannya mengupas tentang Mitigasi bencana dan cara warga untuk menyelamatkan diri.

Antusiasme warga sangat tinggi, telihat keseriusan warga mengikuti kegiatan sampai dengan simulasi gempa dan stunami. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00