• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM

Kasi Pidum Kejari Gunungsitoli: Sentra Gakumdu Menangani Pelanggaran Pidana Pemilu 2019

19 March
10:29 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Kejaksaan Negeri  Gunungsitoli telah menempatkan Jaksa terbaiknya dalam tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau (Gakumdu) untuk menangani pelanggaran pidana pada pemilu secara serentak 2019 ini.

Kasi Pidum kejaksaan Negeri Gunungsitoli Fatizaro Zai,SH,MH kepada RRI menyampaikan bahwa, peran kejaksaan dalam tim Gakumdu untuk membantu Pengawas Pemilu dalam hal mengawasi dan menangani perkara tindak pidana Pemilu sesuai dengan tupoksinya.

Ia menjelaskan, Tim gakumdu tersebut terdiri dari pihak Bawaslu, pihak kepolisian dan juga kejaksaan Negeri. dan laporan pelanggaran pemilu yang diproses lebih cepat dari penanganan perkara pidana lainnya, dimana hanya membutuhkan waktu 14 hari saja sejak terhitung laporan tersebut masuk di Tim Gakumdu.

“ Jenis pelanggaran pada proses Pemilu bisa diklarifikasikan sesuai ranahnya. Jika ada unsur pidananya, pasti akan diproses oleh kepolisian dan dilanjutkan ke Kejaksaan. Contoh bentuk tindak pidana Pemilu seperti politik uang dan pelanggaran kampanye “ Kata Fatizaro (Selasa/19/3/2019)

Khusus di wilayah hukum kantor kejaksaan negeri Gunungsitoli di tambahkan Fatizaro Zai, pihaknya akan menangani 4 wilayah kerja yakni Kabupaten Nias Utara, kabupaten Nias barat, kabupaten Nias, dan kota Gunungsitoli.

Penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 akan memilih Presiden dan wakil Presiden, pemilihan anggota DPD RI, pemilihan anggota DPR RI, dan anggota DPRD Provinsi hingga pemilihan anggota DPRD kabupaten/Kota yang akan di gelar secara serentak tanggal 19 april 2019. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00