• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bupati Nias Buka Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Tahun 2019

14 March
18:40 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM membuka pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Nias tahun 2019 yang di laksanakan di ruang rapat lantai III kantor Bupati Nias, Rabu (13/3/2019).

Kepala Badan perencanaan dan pembangunan daerah kabupaten Nias Edwin Fanolo Hulu,ST,MT mengatakan bahwa, Musrenbang tingkat kabupaten Nias ini menjadi wadah untuk menampung semua usulan usulan yang muncul dari musrenbang di dari setiap kecamatan, dan sekaligus menampung dan menghimpun harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2020 mendatang.

Dijelaskan kepala Bappeda kabupaten Nias, sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten Nias, sudah di awali dengan pelaksanaan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat desa hingga Musrenbang tingkat kecamatan Se-Kabupaten Nias, termasuk pelaksanaan Forum perangkat daerah tahun 2019.

“ Tujuan yang diharapkan dari musrenbang ini adalah melakukan penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan dikabupaten Nias, serta merumuskan saran dan masukan terhadap rancangan RKPD kabupaten Nias tahun 2020 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan penyempurnaan Rancangan Renja perangkat daerah “ Ujar kepala Bappeda Kabupaten Nias.

Semenetara itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM menyampaikan bahwa, RKPD tahuin 2020 merupakan RKPD tahun ke empat dalam dokumen RPJMD kabupaten Nias periode 2016-2021, dimana dalam arah kebijakan pembangunan tahun 2020 tersebut difokuskan pada upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan pembangunan, serta memilki fungsi strategis untuk memelihara konsistensi antar capaian tujuan perencanaan strategis jangka menengah dengan tujuan perencanaan dan penganggaran tahunan pembangunan daerah.

Oleh karena itu di lanjutkan Bupati Nias, Dokumen RKPD tahun 2020 menjadi instrument bagi pemerintah daerah untuk mengukur capaian target strandar pelayanan minimal dan mengukur kinerja pelayann perangkat daerah. Berorientasi kepada kondisi itu, maka tema yang ditetapkan dalam rancangan RKPD kabupaten Nias tahun 2020 adalah “percepatan ketersediaan infrastruktur dasar wilayah dalam upaya mendukung peningkatan SDM, dan pertumbuhan wilayah yang berkualitas menuju Nias yang maju, mandiri dan sejahtera.

Musrenbang Tingkat Kabupaten Nias tahun 2019 ini dihadiri Wakil Bupati Nias, Forkopimda, Kepala Bappeda Sumut, Guru besar Fakultas ekonomi dan bisnis USU, Ketua DPRD kabupaten Nias, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Sekda, staf ahli Bupati Nias, para asisten, kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Nias, Tim penggerak PKK,DWP dan GOW di kabupaten Nias. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00