• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Gelar Pengobatan Gratis Dilokasi TMMD Ke 104, Masyarakat Berterimakasih Kepada TNI

14 March
15:08 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Jajaran TNI yang bekerja sama dengan kementerian kesehatan RI melaksanakan Bakti sosial pengobatan massal kepada masyarakat di wilayah kabupaten Nias. kegiatan itu berlangsung di lapangan kantor Camat Bawolato kabupaten Nias, (Rabu/13/3/2019)

Kegiatan baksos tersebut,  dihadiri dr. Dedy dari Kemenkes RI,  Paban V/Bakti TNI Sterad (Kol Inf Putrajaya, SE. MM),  Waaster Dam I/Bukit Barisan Letkol. Arm. Azhari, Dandim 0213/Nias (Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, S. H. M. Tr (Han),  Staf Ahli Bupati Nias, kepala OPD lingkup pemkab Nias, Camat Bawalato, Perwira Staf Kodim 0213/Nias, mewakili kapores Nias, Tim Dokter dan perawat Pemkab Nias, tokoh agama,  pemuda, dan ratusan Masyarat di kecamatan Bawolato.

Paban V/Bakti TNI Sterad, Kolonel Inf Putrajaya SE, MM mengatakan,  kegiatan bakti sosial pengobatan massal kepada masyarakat di wilayah kabupaten Nias,  merupakan penguatan terhadap kegiatan TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias, yang dipusatkan di kecamatan bawolato kabupaten Nias,  yang merupakan termasuk wilayah tertinggal,  terbelakang dan juga terisolir.  

“ Kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan lanjutan Musrenbang Pemkab Nias. dan TNI dalam hal ini,  membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan wilayah “ Ujar Kolonel Inf Putrajaya

Sementara itu, Bupati Nias yang diwakili Staf Ahli Bupati Nias Fati Zebua,  mengapresiasi dan dan sekaligus menyampaikan ucapan termakasih kepada jajaran TNI, atas pelaksanaan kegiatan Bakti sosial pengobatan Gratis terhadap masyarakat, yang merupakan masih dalam serangkaian  kegiatan TMMD Ke 104 di wilayah kabupaten Nias.

“ Pemkab Nias juga akan bersinergi dengan jajaran Kodim 0213/Nias pada kegiatan bakti sosial jambannisasi kepada masyarakat miskin. Kegiatan ini akan membuat jambanisasi di beberapa rumah warga miskin “ kata Staf Ahli Bupati Nias.

Pada kegiatan pengobatan gratis itu digelar beberapa kegiatan seperti  Sunatan Massal,  pemeriksaan Gigi,  Pelayanan Kesehatan dan KB, serta Donor Darah, yang diikuti sekitar 600 orang masyarakat.

Ibu Herman Zebua yang anaknya ikut pada  sunatan massal, menyampaikan terimakasih kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan pelayan kesehatan gratis.

“ Kami sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini,  dan kami seluruh masyarakat di sini terimakasih kepada TNI “ Pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y.Reymond RS Purba, SH. M. Tr (Han) mengatakan, memasuki hari ke 16 pelaksanaan kegiatan TMMD ke 104 di desa tagaule kecamatan Bawolato kabupaten Nias, satgas TMMD telah melaksanakan  kegiatan Fisik dan juga kegiatan Non Fisik.

Dandim 0213/Nias menjelaskan, progres untuk pembukaan badan jalan sudah mencapai 63%, pengecetan rumah ibadah sudah mencapai 50%, penggalian parit sudah mencapai 47,39 persen/

Sementara untuk untuk kegiatan Non Fisik, Satgas TMMD telah melakukan beberapa kegiatan, seperti penyuluhan Narkoba dan penyuluhan Hukum, sosialisasi Mitigasi bencana dengan membagikan brosur kepada masyarakat, bhakti sosial pelayanan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan dan KB Kes, dan juga penyuluhan wawasan kebangsaan kepada para Siswa/I, termasuk mengajarkan anak anak untuk membaca Al-Qur’an.

" hingga saat ini pelaksanaan kegiatan TMMD ke 104 di desa tagaule  kecamatan Bawolato kabupaten Nias berlangsung lancar tanpa ada kendala kendala dilapangan " Tegas Dandim 0213/Nias

Kegiatan TMMD Ke 104 TA 2019 Kodim 0213/Nias meliputi sasaran fisik dan non fisik. untuk sasaran fisik yaitu pembukaan badan jalan dari Desa Tagaule menuju Desa Balale Tobaa Kecamatan Bawalato sepanjang 6.000 meter dengan lebar 20 meter, penggalian parit kiri- kanan jalan sepanjang 12.000 meter, lebar 2 meter dan dalam 1,5 meter serta pengecekan rumah ibadah sebanyak dua unit.

Selain itu, untuk sasaran non fisik dilakukan penyuluhan terkait bela negara,  wasbang,  kabtimas dan narkoba, hukum, pertanian, BKKBN, Kesehatan, Perikanan, Lingkungan hidup, PKK,  Mintigasi bencana, dan penyuluhan kegiatan keagamaan. Kegiatan itu berlangsung selama 30 hari. Dari tanggal, 26 Pebruari dan akan berakhir pada 27 Maret 2019. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00