• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

BMKG Gunungsitoli : Gempa Aceh Singkil dan Padang Lawas Termasuk Segmen Megathrust Nias - Simeulue,

12 March
15:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli memastikan tidak ada gempa susulan Aceh Singkil dan Padang Lawas Utara yang terjadi kemarin yang bermagnitudo 5,3 SR dan 5,5 SR dan goncangannya dirasakan dihampir seluruh wilayah kepulauan Nias.

Kepala  BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro yang dikonfirmasi RRI mengatakan kedua gempa yang mengguncang kepulauan Nias kemarin hanya berlangsung satu kali tanpa ada gempa susulan, efek yang dirasakan oleh warga seolah mereka sedang diayun-ayun.

Menurutnya hal itu disebabkan pusat gempa berada di segmen MegaThrust Nias – Simeuleu, sehingga tidak heran goncangannya terasa kuat padahal pusat gempa berada diluar wilayah kepulauan Nias.

“Betul guncangan gempa semalam memang terasa kuat karena pusatnya berada di  segmen MegaThrust Nias – Simeuleu. Padahal gempa dengan kekuatan yang sama pernah terjadi di akhir Januari 2019 yang lalu dengan pusat gempa di Nias Utara namun goncangannya tidak sekuat ini,” jelas Djati, Selasa (12/3/2019).

Djati menjelaskan sesuai dengan penelitian Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) 2017 di Indonesia terdapat 16 titik gempa megathrust yang tersebar di sejumlah titik, yaitu:


1. Aceh-Andaman 
2. Nias-Simeulue 
3. Kepulauan Batu, 
4. Mentawai-Siberut 
5. Mentawai–Pagai 
6. Enggano 
7. Selat Sunda Banten 
8. Selatan Jawa Barat 
9. Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur 
10. Selatan Bali 
11. Selatan NTB 
12. Selatan NTT 
13. Laut Banda Selatan 
14. Laut Banda Utara 
15. Utara Sulawesi 
16. Subduksi Lempeng Laut Pilipina

Djati mengimbau warga kepulauan Nias tetap tenang dan tidak panic karena kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurutnya dengan adanya gempa-gempa seperti ini akan mengurangi potensi terjadinya gempa berkekuatan besar seperti yang terjadi pada tahun 2005 yang silam.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00