• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Gempa Susulan Berkekuatan 5,8 SR Guncang Pulau Nias

12 March
00:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Setelah gempa bumi tektonik magnitudo 5,5 skala richter yang terjadi pada pukul 22.26 Wib, kini gempabumi susulan berkekuatan 5,8 SR kembali terjadi mengguncang Kepulauan Nias pada pukul 23.34. Wib, Senin (11/03/2019). 

Gempa susulan tersebut berpusat pada 63 KM barat daya Padang Sidempuan Sumatera Utara di kedalaman 85 Kilometer. 67 km BaratDaya Sibolga, 76 km BaratDaya Tapanuli Selatan dan 274 kilometer Tenggara Medan dan 1208 kilometer barat laut Jakarta. 

"Titik koordinat terjadinya gempa di Lintang 1.13 Lintang Utara dan Bujur 98.76 bujur Timur, 63 kilometer barat daya Padang Sidempuan di kedalaman 85 kilometer. Dipastikan tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjut Djati, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di magathrust. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik dengan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," tambahnya.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Aek godang, Gunungsitoli Nias, dan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan dalam skala intensitas II -III MMI, serta Aceh Singkil II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

"Gempa yang terakhir ini cukup lama dan kuat getarannya bang. Semoga tidak terjadi apa-apa malam ini," harap salah seorang warga Kota Gunungsitoli. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00