• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Bupati Nias Terima Kunjungan Kerja TIM BPK-RI Perwakilan Sumatera Utara

11 March
11:32 2019
0 Votes (0)

KRBN,Gunungsitoli : TIM BPK-RI perwakilan Sumatera Utara yang dipimpin oleh Ambar Wahyuni,MM.AK.CA berserta rombongan melakukan kunjungan kerja di kabupaten Nias. kunjungan kerja di kabupaten Nias dalam rangka melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten Nias tahun 2018.

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM mengatakan bahwa, Visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Nias masa jabatan 2016-2021 adalah mewujudkan Kabupaten Nias yang maju, mandiri dan sejahtera,dimana salah satu misinya adalah menyelenggarakan tata kelola pemerintah yang baik dengan birokrasi yang bersih dan responsif, yakni melalui pengawasan yang berkualitas, dengan didukung oleh manajemen pengawasan yang berkualitas.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias menyampaikan beberapa hal penting, dimana Pemerintah Kabupaten Nias sudah empat tahun berturut-turut dalam penataan penyusunan laporan keuangan kepada BPK perwakilan SUMUT dengan predikat WDP (wajar dengan pengecualian) hal ini masih banyak kendala yang hadapi dalam administrasi dan implementasinya.

“ Pemeirntah kabuapten Nias menginginkan dalam laporan keuangan pemerintah Kabupaten Nias tahun ini bisa mendapat predikat WDP (wajar dengan pengecualian)  dan tentunya menjadi salah satu ukuran prestasi dalam pembangunan daerah “ Kata Bupati Nias. (Senin/11/3/2019)

 Selain itu, pengendalian aplikasi pengelola keuangan dan aset belum terintegrasi,dimana pengguna aplikasi SIPKD AKRUAL, SIPKD modul asset, SISMIOP dan system informasi gaji PNS tidak didukung oleh standard operasional prosedur (SOP) yang lengkap dan rinci.

Bupati Nias juga menyampaikan, pemerintah Kabupaten Nias telah melaksanakan penyerahan aset secara bertahan dan dalam bentuk hibah murni ke Kota Gunungsitoli sebanyak empat kali. Terkait dengan permintaan pemerintah Kota Gunugsitoli tentang pemanfaatan atau pun pemindahan tanganan asset-aset Pemerintah Kabupaten Nias yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli, tentunya harus berpedoman kepada ketentuan yang mengatur akan hal tersebut yaitu peraturan menteri dalam Negri nomor 19  tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik Daerah. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00