• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ajak Masyarakat Tetap Hidup Sehat, Satgas TMMD 104 Kodim 0213/Nias Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Penyuluhan KB Kes

11 March
11:12 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Selain kegiatan Fisik TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias tahun 2019 berupa pekerjaan pembukaan badan jalan, penggalian parit dan pengecatan rumah ibadah , serangkaian kegiatan non fisik pun tetap berjalan pada program TMMD ke-104 Kodim 0213/Nias di kecamatan Bawolato kabupaten Nias. dimana Satgas TMMD ke-104 yang menggandeng Dinas Kesehatan kabupaten Nias dan Dinas BP2AKB Kabupaten Nias menggelar penyuluhan kesehatan dan KB kesehatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Botohaenga Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias, (Sabtu, 9/3/19)

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, SH. M. Tr (Han) melalui Pasiter Dim 0213/Nias Kapten.Arm.F.Waruwu menjelaskan bahwa, kegiatan penyuluhan kesehatan dan dan penyuluhan KB Kes ini merupakan kegiatan Non Fisik TMMD ke 104 Kodim 0213/Nias,  dengan harapan warga bisa hidup sehat dan mengerti tentang penyuluhan manfaat dari keluarga berencana.

“kegiatan penyuluhan kesehatan dan dan penyuluhan KB Kes ini masih serangkaian kegiatan Non Fisik TMMD 104 Kodim 0213/Nias “ Ujarnya.

Pada kesempatan itu Herlina Telaumbanua, AMk yang bertindak sebagai narasumber dari Dinkes kabupaten Nias memaparkan tentang perilaku hidup sehat kepada warga diantaranya,  cara cuci tangan dengan bersih sampai dengan pembuatan jamban.

Sementara itu Yuniaman Lase dari BP2AKB kabupaten Nias menjelaskan beberapa manfaat dari Program pemerintah tentang Keluarga Berencana (KB) yang dibantu oleh stafnya melalui alat yang sudah dipersiapkan seperti suntik,  kondom,  pil untuk meyakinkan para warga.

Penyuluhan itu berlangsung lancar, dan para warga yang mengikuti penyuluhan terlihat sangat antusias, terlihat dari beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh warga dari Desa Botohaenga,  Desa Tagaule dan Balale Tobaa.

Kegiatan TMMD ke 104 yang dipusatkan di desa tagaule kecamatan Bawolato kabupaten Nias tahun 2019 ini, akan berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 26 februari dan akan berakhir pada 27 maret 2019 mendatang. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yakni kegiatan Fisik yang akan membuka badan jalan dari desa Tagaule menuju desa Balaletoba’a sejauh 6 kilometer, dan penggalian parit sepanjang 12.000 M, Lebar 2 Meter serta pengecetan Rumah Ibadah sebanyak 2 unit.

Sementara untuk kegiatan Non fisik akan dilaksanakan penyuluhan pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan terhadap siswa siswi, penyuluhan narkoba, penyuluhan kesehatan, sosialisasi mitigasi bencana, penyuluhan hukum, dan sosialisasi pertanian, serta kegiatan PKK.

Selama kegiatan TMMD ditambahkan Dandim, prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 104 di desa Tagaule akan tinggal di rumah rumah warga. Hal itu untuk terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00