• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Nias Utara Tampilkan Budaya Famasindo Gowe Di PRSU 2019

8 March
19:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Kontingen utusan Nias Utara, akan menampilkan atraksi budaya dengan Thema Famasindo Gowe Zalawa  di acara Pekan Raya Sumatera Utara yang telah di mulai tanggal 8 Maret sampai dengan 8 April 2019.

Kepala Bidang Bina Budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Nias Utara, Faigilala Gea mengatakan, bahwa atraksi budaya Famasindo Gowe Zalawa akan disertai dengan musik tradisional, hubolo lailo, dan maena massal yang akan di tampilkan tanggal 22 Maret 2019, di jalan Gatot Subroto Medan Sumatera Utara.

Faigilala menjelaskan, bahwa kontingen yang akan menampilkan atraksi budaya dari Nias Utara, terdiri dari Pelajar dengan masyarakat umum sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan.

" tahun ini Kabupaten Nias Utara mengangkat Thema Famasindo Gowe untuk melestarikan budaya karena Famasindo Gowe ini di lakukan oleh Balugu yang telah memiliki jabatan atau orang berkeadaan dan sangat di hormati oleh masyarakat pada zaman dahulu sebelum adanya birokrasi pemerintah seperti sekarang ini". Terang, Faigilala, Sabtu (9/3/2019).

Ia mengungkapkan Bahwa kontingen yang akan tampil pada PRSU tersebut akan di lepas oleh Bupati Nias Utara tanggal 18 Maret, dan berangkat ke Medan, 20 Maret sehingga nantinya kontingen tersebut tampil dengan maksimal.

Ia berharap, melalui penampilan atraksi budaya dengan Thema Famasindo Gowe di PRSU tahun 2019 ini, dapat di dukung oleh masyarakat Nias Utara dan bagi warga Nias Utara yang berada di Kota Medan dihimbau untuk menyaksikan penampilan tersebut,  tanggal 22 Maret 2019 di Jln.Gatot Subroto Medan.(MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00