• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Bawaslu Kota Gunungsitoli Ajak Warga Awasi Pemilu

5 March
15:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Gunungsitoli ajak masyarakat dan generasi muda terutama pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam mengawasi setiap proses Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Ajakan itu dikemas dalam bentuk kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta pemilihan Presiden dan wakil Presiden tahun 2019 se-Kota Gunungsitoli di aula Grand Kartika Gunungsitoli, Selasa (5/3/2019).

Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli, Endra Amri Polem, mengatakan bahwa masyarakat terlebih kalangan muda, sangat perlu mengetahui peraturan-peraturan yang diatur dalam Pemilu sehingga tidak terjerumus dalam pelanggaran pemilu. 

"Sifatnya kita di Bawaslu ini lebih baik mencegah setiap pelanggaran yang kemungkinan akan terjadi. Jadi kami tidak serta merta melakukan penindakan meski undang-undang memberikan hak penuh untuk itu," ucapnya. 

Pemahaman peraturan pemilu ini, lanjut Endra, akan membentuk generasi-generasi yang peduli akan masa depan bangsa serta cerdas dalam memilih calon pemimpin, sedangkan alasan perlunya kerjasama pengawasan pemilu dari sisi subyektif adalah keterbatasan personil, sedangkan objektifnya karena wilayah pengawasan yang sangat luas.

"Alasannya ada dua yakni alasan subyektif dan alasan obyektif dengan tujuannya mewujudkan pengawasan penyelenggaraan pemilu yang berintegritas dan berkredibiltas di Kota Gunungsitoli," jelasnya. 

Sementara itu, salah seorang Siswi SMA Negeri Gunungsitoli mengatakan antusias mengikuti kegiatan yang digelar Bawaslu Kota Gunungsitoli karena pengawasan terhadap jalannya pemilu sangat diperlukan.

"Kita juga di ajari tentang cara mengidentifikasi sebuah informasi dan tahapan melaporkan suatu temuan kejadian terhadap pelanggaran hukum terkait pemilu," ujarnya.

Pantauan RRI, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Gunungsitoli itu, turut dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda, utusan pemilih pemula dari SMA sederajat dan para Camat sekota Gunungsitoli dengan tiga narasumber langsung dari Bawaslu. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00