• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pembukaan TMMD 104 Kodim 0213/Nias, Di Pusatkan Di Pantai Onolimbu Kecamatan Bawolato Kab.Nias

28 February
10:21 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Upacara pembukaan kegiatan TMMD ke 104 Kodim 0213 Nias yang di pusatkan di pantai Onolimbu kecamatan Bawolato kabupaten Nias, berjalan lancar dan khidmat, (Selasa/26/2/2019). Bupati Nias bertindak sebagai inspektur upacara,  sementara yang bertindak sebagai komandan upacara Danramil 06 Tuhemberua kapten.Inf.Yustinus Waruwu.

Upacara itu diikuti 1 unit satuan musik Dramband Korem 023/kawal samudera, 1 SST kelompok perwira, 2 SST Kodim 0213/Nias, 1 SSK Yonif 123/Rajawali, 1 SST Yonif 123/Rajawali, 1 SST Polres Nias, 1 SST PNS kodim gabungan, 1 SST Satpol PP, 1 SST OKP, 1 SST Mahasiswa, 1 SST Pramuka/SMA. sementara untuk tamu undangan VIP di hadiri Danrem 023/Kawal Samudera Kolonel.Inf.Trisaktiono, mewakil pangdam I Bukit Barisan yakni satf ahli pangdam Kolonel.Inf.Abdi S.Zebua, wakil Bupati Nias, pimpinan instansi vertical, sekretaris daerah kabupaten Nias, kepala OPD dilingkup pemkab Nias, pimpinan BUMN,BUMD, para camat, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM dalam amanatnya menyampaikan termakasih kepada pangdam I BB dan dandim 0213 NIasyang telah memprogramkan pelaksanaan TMMD ke 104 tahun 2019 diwilayah kabupaten Nias, khusunya di desa tagaule dan desa balale toba’a kecamatan Botomuzoi. Hal ini merupakan bukti kongkrit dari kemanunggalan TNI dalam membangun desa bersama masyarakat dari kabupaten Nias.

Dilanjutkan Bupati Nias, pemerintah kabupaten Nias menyambut baik tema pelaksanaan TMMD ke 104 tahun 2019 yang menyatakan bahwa melalui kegiatan TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna menwujudakan ketahanan nasional. Dimana sangat mengandung makna adanya sinergitas dan semangat yang sama diantara seluruh elemen bangsa terutama antar TNI pemerintah daerah dan masyrakat di daerah untuk saling mendukung dalam mempercepat dan meningkatkan pembangunan dan ketahan nasional.

“ program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik “ Ujar Bupati Nias.

Dilanjutkan Bupati Nias program TNI manunggal membangun desa ini merupakan salah satu wujud nyawa sita yaitu membangun Indonesia pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan republic Indonesia. sehingga dengan kebersamaan dan semangat kegotongroyongan dan bahu membahu antar masyarakat, pemerintah daerah dan TNI kegiatan TMMD akan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan di kawasan tersebut, terutama dalam pembangunan dan pembukaan keterisoliran wilayah, sekalgus sebagai wujud percepatan pengembangan kawasan ekonomi cepat tumbuh yang dikelan dengan kawasan Soziona.

Sementara itu dandim 0213/Nias Letkol Inf.Y.Reymond Purba menjelaskan bahwa, kegiatan TMMD ke 104 yang dipusatkan di desa tagaule kecamatan Bawolato kabupaten Nias tahun 2019 ini, akan berlangsung selama satu bulan, mulai tanggal 26 februari dan akan berakhir pada 27 maret 2019 mendatang. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yakni kegiatan Fisik yang akan membuka badan jalan dari desa Tagaule menuju desa Balaletoba’a sejauh 6 kilometer, dan penggalian parit sepanjang 12.000 M, Lebar 2 Meter serta pengecetan Rumah Ibadah sebanyak 2 unit.

Sementara untuk kegiatan Non fisik akan dilaksanakan penyuluhan pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan terhadap siswa siswi, penyuluhan narkoba, penyuluhan kesehatan, sosialisasi mitigasi bencana, penyuluhan hukum, dan sosialisasi pertanian, serta kegiatan PKK.

Selama kegiatan TMMD ditambahkan Dandim, prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 104 di desa Tagaule akan tinggal di rumah rumah warga. Hal itu untuk terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00