• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Puluhan Perempuan Di Kota Gunungsitoli Dipercayakan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu Serentak

21 February
16:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Sejak kemarin Komisi Pemilihan Umum KPU Kota Gunungsitoli resmi memulai kegiatan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu Serentak 17 April 2019 di Gudang Logistik di Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Fajarman Zalukhu yang dikonfirmasi RRI mengatakan untuk mensukseskan kegiatan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara itu, KPU telah merekrut sebanyak 40 orang perempuan warga sekitar yang dibagi dalam 8 kelompok.

Setiap hari mereka akan menyortir dan melipat surat suara DPRD Kota Gunungsitoli, DPRD Propinsi Sumut dan DPR RI, yang masing masing berjumlah 89.627 lembar. Sementara untuk Surat Suara  DPD RI dan Paslon Presiden/Wakil Presiden akan dilanjutkan ketika surat suara itu sudah diterima di gudang logistik KPU Gunungsitoli yang diperkirakan akan tiba sekitar pertengahan bulan Maret 2019.

“Sesuai juknis kita rekrut 40 orang perempuan, mereka diawasi oleh 17 orang pengawas. Satu orang setiap harinya kita targetkan bisa melipat dan menyortir surat suara 500-1.000 lembar”, jelas Fajar, Kamis (21/2/2019).

Selama melakukan tugas menyortir dan melipat surat suara, para petugas ini wajib mematuhi tata tertib sesuai dengan SOP antara lain tangan dan kaki  tidak boleh berkeringat, tidak diperkenankan membawa tas dan handphone yang memiliki kamera. 

Pada hari pertama kemarin sebut Fajar ditemukan sekitar 18 lembar surat suara yang rusak, surat suara yang rusak dan kekurangan surat suara di setiap kotaknya akan direkap dan dilaporkan kepada KPU RI.  

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00