• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Dinkes Kota Gunungsitoli Temukan 5 Kasus Deman Berdarah

20 February
18:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gunungsitoli mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan penyebaran nyamuk Deman Berdarah Dengue (DBD) pada musim penghujan bulan ini.

“Apalagi saat ini musim hujannya tidak menentu, kadang hujan kadang tidak. Kondisi seperti itu rawan menjadi penyebaran kasus DBD,”  kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas kesehatan kota Gunungsitoli Kasih Trisnawati Zebua S.Si Apt. Mph, Rabu (20/02/2019).

Dari catatan Dinkes kota Gunungsitoli, kata Kasih, mencatat selama Januari 2019 sudah menerima laporan 1 kasus DBD yang ditemukan di kecamatan Gunungsitoli tepatnya di gang bersama Pelabuhan, Desa Iraonogeba, sementara di bulan Februari 2019 malah mengalami peningkatan dengan jumlah 4 kasus, yakni dari desa Tetehosi I ada 2 penderita, dari desa Fadoro Lasara, dan satu penderita lainnya dari desa Dahana Tabaloho.

“Dari hasil lab menunjukkan bahwa Warga yang terkena demam dengue ini trombositnya di bawah 150. Untuk itu kami minta masyarakat tetap waspada,” ujar Kasih.

Menurutnya, pada tahun 2018 lalu, jumlah kasus DBD di kota Gunungsitoli ada sebanyak 145 kasus, dan di tahun 2017 Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli mencatat ada 179 kasus DBD.

“Rata-rata pasien DBD kalangan umur anak-anak hingga remaja, mudah-mudahan untuk tahun ini jumlah kasusnya bisa ditekan,” kata Kasih Trisnawati.

“Kami mengajak masyarakat untuk kembali menggalakkan program pemberantasan sarang nyamuk dimulai dari program 3 M,” tambahnya. (IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00