• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Tiga Ribu Dua Ratus Anak Kota Gunungsitoli Sudah Miliki KIA

20 February
15:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Sebanyak 3.200 keping Kartu Identitas Anak (KIA) sudah diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Gunungsitoli sejak menerima 6.000 blanko KIA dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI di penghujung tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Gunungsitoli Bernardine Telaumbanua menyebutkan untuk penerbitan KIA petugas melakukan perekaman di sekolah-sekolah baik SD maupun SMP, terhitung hingga kemarin sudah 17 sekolah yang disambangi petugas perekaman.

“Perekaman KIA kita lakukan langsung di sekolah-sekolah, kasihan kalau anak-anak harus datang ke kantor dan antri lama. Kami targetkan tahun 2019 bisa mencetak 5.000 keping KIA, karena prioritas kami tetap KTP Elektronik,” paparnya, Kamis (20/2/2019).

Sementara untuk anak-anak usia 0-5 tahun, orang tua bisa datang langsung ke kantor Dukcapil namun bisa juga melalui perekaman yang dilakukan petugas di desa-desa. Namun menurutnya tidak perlu terburu-buru karena hingga saat ini KIA belum dipersyaratkan dalam urusan yang menyangkut anak khususnya di wilayah Kota Gunungsitoli.

Menurut Bernardine, Kota Gunungsitoli mendapat blangko KIA sebagai penghargaan dari Kemendagri karena berhasil mencapai 80 persen  penerbitan Akte Kelahiran, kota Gunungsitoli  berada di urutan ke-3 dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00