• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Launching Festival dan Kreativitas Seni Dan Budaya Kota Gunungsitoli 2019

11 February
17:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Sekretaris daerah Kota Gunungsitoli Senin (11/2/2019)  launching Festival dan Kreativitas Seni dan Budaya Kota Gunungsitoli Tahun 2019 bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli.

Sekda Kota Gunungsitoli Ir.  Agustinus Zega berharap dengan adanya Festival ini maka akan meningkatkan daya saing pariwisata di Kota Gunungsitoli sekaligus memastikan kota Gunungsitoli setiap tahunnya memiliki event atau kalender pariwisata yang rutin dan bisa menjadi agenda wisata para pelancong baik dalam dan luar negeri.

“Harapan kita festival ini dapat menarik banyak wisatawan datang ke Kota Gunungsitoli”, pinta  Sekda.

“Saya juga meminta pelatihannya harus berkelanjutan jangan berhenti sampai disini”.

Acara ini diramaikan dengan puluhan siswa siswi dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di yang mengikuti Pelatihan Kreativitas Menganyam Bola Nafo dan Pembuatan Souvenir/Cinderamata Khas Nias. Para peserta kreativitas anyaman bola nafo menggunakan bahan baku daun pandan atau dalam bahasa nias Sinasa, dilatih oleh instruktur dari Badan Pemberdayaan Warisan Nias sedangkan pembuatan souvenir dan cenderamata oleh instruktur dari Museum Pusaka Nias.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Gunungsitoli Y. Harefa festival dan pelatihan Kreativitas ini akan berlangsung hingga Rabu tgl 13 Februari dengan acara Puncak Malam Pesona Seni Budaya yang akan dihadiri oleh Peserta Sidang Raya UEM Regional Asia yang tengah berlangsung di Kota Gunungsitoli.

“Festival kita laksanakan secara triwulan dengan durasi waktu 3 hari setiap kali event”, jelasnya.

Agenda kegiatan setiap kali festival menurutnya sangat menarik seperti pada triwulan kedua Pelatihan Olala Mbawi dan Festival Cipta Lagu Daerah Nias, Triwulan Ketiga digelar Festival Cipta Lagu dan Senam Olahraga Tradisional Nias dan triwulan Keempat dilaksanakan Festival Maena Kreasi. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00