• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Tunggakan Mencapai 45 M, Ratusan Meteran Listrik Dibongkar PLN di Nias

8 February
11:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Memasuki tahun 2019, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah melakukan pembongkaran meteran listrik kepada ratusan pelanggan diwilayah Kota Gunungsitoli. 

Hal itu dikemukakan Manager ULP Gunungsitoli, Cosinus Sitorus kepada Radio Republik Indonesia saat mengisi acara dialog Issu Aktual di Program 1 RRI Gunungsitoli, Jumat (8/02/2019).

"Sejak memasuki awal tahun 2019 tadi hingga kini ada sekitar 350 lebih meteran pelanggan telah kita bongkar paksa karena tunggakan," ucapnya. 

Pembongkaran, kata Cosinus, difokuskan kepada pelanggan yang memiliki tunggakan diatas 1 tahun dan berikut akan menyasar kepada pelanggan listrik PLN diwilayah Kabupaten Nias Barat. 

"Biasanya saat petugas hendak melakukan pembongkaran meteran maka disitu juga pelanggan baru membayar tagihan dan ada juga pelanggan karena ketidakmampuan ekonomi melunasi tunggakan maka petugas terpaksa membongkarnya," ujarnya. 

"Meski demikian, pihak PLN dalam melakukan pembongkaran petugas tetap mengutamakan upaya persuasive dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melunasi meski dengan cara dicicil," tambahnya. 

Sementara itu, Manager PLN Area Nias Evan Suseno Sirait menyebutkan bahwa tunggakan pelanggan PLN di seluruh Kepulauan Nias sudah mencapai 45 Miliar rupiah dari kurang lebih 35000 orang pelanggan yang menggunakan meteran pasca bayar. 

"Yang ironisnya para pelanggan yang menunggak itu tidak saja dari kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah melainkan yang taraf kehidupan menengah ke atas," sesal Evan. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00