• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Proyek Tanam Kabel Bawah Tanah Milik PLN Menuai Protes Warga

7 February
12:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pengerjaan kabel tanam atau SKTM sepanjang 15 KM di Kota Gunungsitoli milik PLN Area Nias tengah dikerjakan. Hal ini membuat pelaku usaha dan pengguna jalan protes karena rawan kecelakaan dari tumpukan tanah galian. 

Ironisnya, pekerjaan ini diduga minim pengawasan sehingga banyak pekerjaan yang tidak sesuai di lapangan, salah satunya kedalaman galian kabel yang semestinya mencapai 120 cm, namun dibeberapa titik hanya memiliki kedalaman 60-75 cm. 

Ayen, salah seorang pemilik toko elektronik di Gunungsitoli mengaku terganggu dengan penggalian tanah tersebut, karena selain merusak sejumlah fasilitas umum juga rawan menimbulkan kecelakaan. 

"Saya belum dapat informasi dari PLN bila ada penggalian tanah depan toko. Para pekerja langsung saja melakukan penggalian. Bisa lihat sendiri kan kita jadi terganggu," ujar Ayen, Kamis (7/02/2019).

Hal senada juga diungkapkan Diman Gulo, kepada Radio Republik Indonesia mengaku pernah terperosok ban depan mobilnya saat hendak memarkirkan kendaraannya dibahu jalan. 

"Saya tidak tahu bila ada galian dibawah gundukan tanah. Tiba-tiba saja mobil saya terperosok. Untung para pekerja galian ikut membantu," ucapnya. 

Sementara itu, Cecep Kurnia selaku mandor pekerja yang ditemui RRI mengatakan bahwa alasan pihaknya belum melakukan pengaspalan ulang karena hal itu merupakan tanggungjawab oleh dinas pekerjaan umum. 

"Sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kota Gunungsitoli dan Dinas terkait tentang penggalian bahu jalan sepanjang kurang lebih 15 kilo meter ini," tandasnya. 

"Penggalian ini dilakukan untuk menanggulangi persoalan gangguan pada jaringan listrik di Kota Gunungsitoli akibat tingginya ancaman yang muncul baik faktor cuaca maupun alam," tambahnya. 

Pantauan RRI disejumlah lokasi, selain tidak tersedianya papan informasi pekerjaan di lokasi penggalian kabel, pengawasan jalan oleh dinas Perhubungan atau satuan lalulintas untuk mengurai kemacetan dilokasi pekerjaan memang tidak tersedia. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00