• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Pertamina Hentikan Suplay Solar Murni, Listrik di Nias Tidak Maksimal

6 February
12:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Ribuan pelanggan listrik dari PLN area nias mulai resah akibat krisis distribusi daya listrik di empat kabupaten satu kota se-Kepulauan Nias kembali terjadi. 

Kejadian itu ditandai dengan pemadaman aliran listrik disejumlah kawasan yang terus meningkat selama tiga pekan terakhir. Pemadaman terjadi biasanya karena ditimbulkan oleh faktor gangguan di jaringan namun kalu ini terjadi karena kekosongan pasokan bahan bakar minyak. 

Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Nias, Evan Suseno Sirait yang di temui Radio Republik Indonesia mengatakan pihaknya terpaksa melakukan pengurangan daya listrik akibat tidak tersedianya bahan bakar minyak jenis solar murni dari depot pertamina. 

"Sekarang itu dari depot Pertamina Gunungsitoli tidak lagi menyediakan solar murni atau B nol sedangkan mesin kita menggunakan solar murni sebagai bahan bakarnya. Untuk menyiasatinya terpaksa kita pesan minyak solar murni dari luar. Itu pun hanya delapan jam per hari," ujarnya, Rabu  (6/02/2019).

Dikatakannya, saat ini PLN Area Nias hanya mampu menghidupkan seluruh mesin pembangkit dengan total kapasitas 8 mega watt pada siang hari, namun kapasitas pembangkit yang 25 mega watt dihidupkan pada beban puncak pemakai seperti pada pagi hari dan malam hari. 

Sementara itu ditempat terpisah, Jusroni Marbun selaku Supervisor Distribusi Pertamina menyampaikan alasan tidak tersedianya bahan bakar jenis solar murni di depot pertamina Gunungsitoli adalah karena adanya tiga keputusan dan surat menteri ESDM Republik Indonesia. 

Adapun ketiga item surat menteri ESDM tersebut adalah tentang pengadaan bahan bakar nabati atau jenis biodisel, surat dirjen Migas perihal pelaksanaan BBM jenis Biodisel dan surat dirjen Migas perihal perubahan daftar pemasok biodisel untuk terminal BBM PT Pertamina. 

"Dari ketiga surat keputusan itulah dasar Pertamina Gunungsitoli tidak lagi menyediakan solar murni karena di seluruh Indonesia hanya sekitar 30 depot Pertamina yang menyediakannya," ucapnya. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00