• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Bupati Nias : Peningkatan Pelayanan Kesehatan Selalu Menjadi Skala Prioritas Pemkab Nias

3 February
22:58 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Bupati Nias Drs.Sokhiatulo laoli,MM menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat merupakan selalu menjadi skala prioritas pemrintah kabupaten Nias. hal itu disampaikan Bupati Nias pada saat meresmikan UPT Puskesmas Sogaeadu kabupaten Nias, (kamis/31/1/2019).

Bupati Nias menjelaskan, dari  waktu ke waktu  pemerintah daerah terus berusaha meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang koprenhensif dan bermutu. saaat ini kurang lebih 134.549 penduduk kabupaten nias (87,80%) telah menjadi peserta program jaminan kesehatan Nasional (JKN) yang di selenggarakan oleh BPJS kesehatan, di antaranya sekitar 23.554 jiwa (17,15%) di biayai oleh perintahan kabupaten Nias melalui program jaminan kesehatan masyarakat dangan anggaran sebesar Rp 6 milyar 7 ratus juta rupiah pada tahun 2018. pogram ini akan terus di lanjutkan dan tingkatkan cakupan kepersertaan sehingga seluruh warga masyarakat kabupaten Nias memiliki jaminan kesehatan demi terwujudnya jaminan kesehatan semesta (inuversal health coverage (UCH) pada tahun 2019.

Bupati Nias menuturkan bahwa, dalam  rangka jaminan mutu pelayanan kesehatan, maka pemerintahan kabupaten Nias berkomitmen untuk membehani sarana  dan prasarana serta pemenuhan tenaga kesehatan yang diwujudkan melalui akreditasi rumah sakit dan puskesmas. saat ini RSUD gunungsitoli-Kabupaten Nias telah terakderitasi paripurna (bintang lima) sementara 6 puskesmas telah di survey penilaian akreditasi pada bulan November 2018 yang lalu, yaitu puskesmas Hiliweto Gido, Puskesmas Idanogawo, Bawalato, Puskesmas Botombawo, puskesmas Botomuzei, dan puskesmas Somolo-molo.

“ kita berharap bahwa ke-6 puskesmas tersebut dapat meraih hasil akreditasi yang optimal juga, sehingga di harapkan pada tahun 2020 seluruh puskesmas di kabupaten Nias telah terakreditasi “ Ungkap Bupati Nias. (Bobi R/Asb)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00