• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Bupati Nias Resmikan Gedung UPT Puskesmas Sogae’adu

3 February
22:35 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM meresmikan gedung UPT Puskesmas Sogae’adu kabupaten Nias, (Kamis/31/1/2019). biaya pembangunan gedung UPT puskesmas soge’adu merupakan tahun anggaran 2018.

Bupati Nias menyampaikan bahwa, Kesehatan merupakan karunia tuhan yang sangat berharga dan merupakan salah satu hak dasar manusia. karena itu pembangunan kesehatan menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan masyarakat secara keseluruhan. peningkatan derajat kesehatan akan memberikan  sumbangan nyata dalam meningkatkan daya saing bangsa  yang sangat di perlukan dalam era globalisasi.

“ Undang-undang nomor 46 tahun 2009 tentang kesehatan mengamanatkan  bahwa pembangunan kesehatan harus di tujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat masyarakat yang setinggi- tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia “ Ujar Bupati Nias

Dilanjutkannya bahwa, ada 2 isu utama pembanguan kesehatan saat ini, yaitu peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan. dalam rangka peningkatan akses, maka pemerintah kabupaten Nias telah membangun dan memiliki sarana pelayanan kesehatan antara lain  1 unit rumah sakit, 12 puskesmas, 28 puskesmas pembantu, 54 poskesdes/posyandu plus, dan 184 posyandu serta 10 unit balai penyuluhan KB kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Nias yang di layani oleh PNS/CPNS, PTT, Tenaga Nusantara  Sehat, Tenaga BLUD dan tenaga kesehatan sukarela (TKS).

Bupati Nias menuturkan bahwa, dalam  rangka jaminan mutu pelayanan kesehatan, maka pemerintahan kabupaten Nias berkomitmen untuk membehani sarana  dan prasarana serta pemenuhan tenaga kesehatan yang diwujudkan melalui akreditasi rumah sakit dan puskesmas. saat ini RSUD gunungsitoli telah terakderitasi paripurna (bintang lima) sementara 6 puskesmas telah di survey penilaian akreditasi pada bulan November 2018 yang lalu, yaitu puskesmas Hiliweto Gido, Puskesmas Idanogawo, Bawalato, Puskesmas Botombawo, puskesmas Botomuzei, dan puskesmas Somolo-molo. kita berharap bahwa ke-6 puskesmas tersebut dapat meraih hasil akreditasi yang optimal juga, sehingga kita di harapkan pada tahun 2020 seluruh puskesmas di kabupaten Nias telah terakreditasi. (Bobi R/Asb)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00