• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Cantiknya Humogo Ketika Bersolek!

21 January
13:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Air Terjun Humugo di Desa Fadoro Idanoi Dusun II kecamatan Gunungsitoli Idanoi kini sudah mempercantik diri.

Memasuki kawasan Air Terjun Humugo, jalan masuk masih onderlag, karena kondisi curam maka bagi kendaraan roda dua maupun roda empat harus ekstra hati-hati saat menuruni jalan tersebut. Sekitar 500 meter, pengunjung bisa lebih nyaman karena sudah dibangun jalur dari semen dengan anak-anak tangga ditengah sehingga motor bisa lintas, sekaligus warga bisa berjalan kaki, di sisi sebelah kana terhampar areal parkir yang cukup luas.

Mendekati air terjun, tampaklah  sejumlah pondok atau gazebo untuk tempat berteduh bagi pengunjung, kemudian jalur pedestrian berupa tangga-tangga yang dicat warna-warni memudahkan pengunjung untuk mengakses kawasan dengan kontur berbukit ini, selain itu 1 unit MCK juga sudah dibangun, dan sejumlah lampu tenaga surya juga sudah terpasang. Pemandangan ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun 2018 atau ketika Air Terjun Humogo mulai dikenal oleh masyarakat.

Kepala Desa Fadoro Krisman Farasi yang ditemui RRI dilokasi mengatakan kawasan Air Terjun Humugo  saat ini memang sedang proses penataan, perubahan wajah Humugo ini dimulai sejak bulan Oktober 2018 yang lalu, melalui anggaran dinas Pariwisata.

“Kita memang utamakan dulu membangun fasilitas yang dibutuhkan pengunjung, untuk jalan rencananya pada tahun ini”, jelas Krisman.

Rencananya tutur Krisman, jalan masuk dan jalan keluar kawasan Humugo akan berbeda, dimana jalan keluar nantinya akan melewati Dusun I, sehingga kendaraan tidak berpapasan.

“Ini juga agar efek keberadaan wisata Humogoini juga bisa dinikmati dusun I”, tambah Krisman.

Diakuinya sejak Humugo mempercantik diri, kunjungan ke kawasan itu meningkat, seperti akhir pekan yang lalu pengunjung mencapai kurang lebih 300 orang, jumlah ini patut disyukuri mengingat sebelumnya kunjungan ke kawasan air terjun itu semakin menurun seiring dengan akses dan fasilitas yang masih buruk.

Anda ingin rekreasi? Jangan lupa Air Terjun Humugo menanti anda!

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00