• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Dan Bawaslu Nias Barat Temui Bupati Bahas Sinergitas Pemilu 2019

11 January
13:30 2019
0 Votes (0)

KBRN Gunungsitoli: Guna mensukseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nias Barat, bersinergi memenuhi undangan pertemuan dengan Bupati Nias Barat diruang kerjanya. 

"Disamping sosialisasi, KPU dan Bawaslu melakukan kunjungan kepada Bupati Nias Barat untuk mengajak bersinergi mensukseskan pemilu mendatang," ujar Komisioner KPU Nias Barat, Maranata Gulo selaku Divisi SDM, Parmas dan Sosialisasi, Jumat (11/01/2019).

Menurut Maranata, tujuan utama dalam rapat koordinasi dengan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, adalah dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai serta menyampaikan beberapa tahapan pemilu yang sudah, sedang dan yang akan dilakukan kedepan serta isu kotak suara dari bahan karton. 

"Kita juga membahas netralitas Aparatur sipil negara dalam Pemilu 2019 ini sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah tentang netralitas pegawai negeri sipil sehingga diharapkan dapat mematuhi aturan-aturan yang telah dibuat karena itu ada sanksinya," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, lanjut Maranata dari pihak Bawaslu Kabupaten Nias Barat juga menjelaskan tiga pokok tugas dari Bawaslu yaitu pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Menurutnya, pengawasan pada dasarnya tidak hanya tugas Bawaslu melainkan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu perlu terjalin kerja sama yang baik agar terjadi netralitas dikalangan aparatur sipil negara. 

Terkait penindakan atau penegakan hukum, lanjut Maranata Gulo, hal ini merupakan ranahnya Bawaslu. Artinya, kegiatan ini sebagai hal yang sangat akhir saat terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh para peserta pemilu maupun pelanggaran-pelanggaran lainnya. 

"Kami berharap ini tidak terjadi, untuk meminimalisasi hal itu kami terus lakukan pertemuan dengan Bupati dan instansi terkait agar terjadi sinergitas yang baik sehingga pemilu damai dapat terwujud di Nias Barat," jelas Maranata Gulo mengakhiri. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00