• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Warga Diminta Jangan Panik Isu Tsunami Nias

10 January
07:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Masyarakat di pesisir pantai di Kepulauan Nias diimbau tetap tenang dan jangan memercayai isu-isu perihal akan adanya tsunami karena surutnya air laut. Masyarakat diminta tetap beraktivitas seperti biasa.

”Kalau ada broadcash atau pesan berantai yang menyatakan akan ada tsunami karena surutnya air laut jangan ditanggapi. Surutnya air laut saat ini masih dalam keadaan normal," ujar Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro, Kamis (10/01/2019) pagi.

Mulai dari pukul 03.00 wib dini hari tadi, kata Djati, pihaknya terus memantau perkembangan kondisi fenomena ini dan semuanya masih dalam keadaan normal dan tidak terjadi perubahan yang signifikan. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman BMKG Sibolga dan saya Nyatakan bahwa Isu akan adanya tsunami itu tidak benar dan diminta warga agar tidak panik," jelasnya. 

Sementara itu, Ina Sozanolo, warga Kota Gunungsitoli mengaku was-was adanya isu tersebut dan lebih memilih mengungsi bersama anaknya kedataran yang lebih tinggi. 

"Banyak tetangga yang sudah bergegas keluar rumah dan berlarian ke arah kantor RRI, takut juga dengan isu ini pak, semoga saja itu tidak benar," ucap Ina Soza. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli yang dihubungi RRI mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dan tidak terprovokasi akan isu adanya tsunami. 

"Jangan mudah percaya dan diminta kepada warga agar tidak meninggalkan rumahnya terlalu lama karena situasi ini bisa saja dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tutur Sowa'a mengakhiri. 

Pantauan RRI disejumlah lokasi, puluhan warga Kota Gunungsitoli memilih kantor RRI untuk mengungsi karena lokasi tersebut merupakan salah satu jalur evakuasi jika bencana alam terjadi. 

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00