• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

DPT Pemilu 2019 Kota Gunungsitoli: 87.869

4 January
16:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Sejak membuka pendaftaran, hingga hari ini belum ada Lembaga Survei dan Hitung Cepat Pemilu 2019 yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli.

Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Happy Suryani Zebua pada Dialog Issu Aktual pagi tadi di RRI, Jum’at (4/1/2019) mengatakan pendaftaran ada Lembaga Survei dan Hitung Cepat Pemilu 2019 berlangsung hingga 30 hari sebelum Pemilu serentak digelarLembaga Survei dan Hitung Cepat Pemilu 2019 ini jelasnya bisa digolongkan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum, sayangnya pendaftaran ini belum mendapat respon dari masyarakat di Kota Gunungsitoli umumnya terjadi di level nasional.

“Belum ada yang mendaftar, ga tahu kedepan, waktunya kan masih panjang”, tutur Happy.

Disebutkannya persyaratan bagi Lembaga Survei dan Hitung Cepat Pemilu 2019 yang hendak mendaftar yakni harus berbadan hukum di Republik Indonesia, dana berasal dari dalam negeri, memiliki akte pendirian lembaga, memiliki surat keterangan domisi dari desa dan bisa menunjukkan surat keterangan sudah bergabung dalam asosiasi lembaga survey serta wajib membuat laporan kepada KPU 15 hari setelah pengumuman hasil survey.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Fajarman Zalukhu menyebutkan berdasarkan pleno terakhir tanggal 9 Desember 2018, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Gunungsitoli sebesar 87.869 terdiri dari 41.996 laki laki dan 45.873 orang perempuan.

Untuk itu saat ini DPT tersebut tengah digandakan oleh KPU Kota Gunungsitoli untuk dipampangkan di berbagai tempat strategis di setiap kecamatan hingga desa sehingga dapat dilihat dan dicermati oleh masyarakat apakah namanya sudah tercantum atau belum. Masyarakat juga bisa mengecek namanya langsung di kpu ri pemilu 2019 pilih fitur cek pemilih dan masukkan NIK. Jika belum tercantum, maka warga bisa menghubungi PPS atau ke kantor KPU dengan membawa bukti identitas diri.

“Ayo cek namanya, kalau belum terdaftar hubungi PPS atau langsung ke KPU”, ajak Fajar.

Ia juga mengimbau bagi warga Kota Gunungsitoli yang bertempat tinggal di luar wilayah ini agar mengisi formulir A5.

“Mumpung momen Natal Tahun Baru, silahkan ke kantor KPU, isi formulir A5 jadi bisa tetap memilih meski berada di luar kepulauan Nias”, pungkasnya. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00