• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Kota Gunungsitoli Gelar Kursus Kepemiluan

19 December
16:58 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli selama 5 hari menyelenggarakan Kursus Kepemiluan bagi masyarakat.

Komisioner KPU Kota Gunungsitoli Happy Suryani Harefa yang dikonfirmasi RRI usai pembukaan  kursus Kepemiluan gelombang ketiga hari ini, Rabu (19/12/2018) menjelaskan tujuan pelaksanaan Kursus tersebut yakni untuk meningkatkan peran serta, partisipasi dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Pemilu, apalagi Pemilu tahun 2019 perdana dilaksanakan pemilihan umum yang menggabungkan pemilihan presiden dan wakil presiden bersama anggota legislative.

Kursus yang dimulai sejak tanggal 17 hingga 21 Desember 2018 ini dibagi dalam 5 gelombanng, dilaksanakan di kantor KPU Kota Gunungsitoli di Desa Dahana Tabaloho dan diikuti oleh 105 orang yang tidak terkait dengan partai politik manapun.

Output dari Kursus ini jelas Happy yakni kader-kader kepemiluan yang akan mensosialisasikan kepemiluan pada masyarakat dan komunitas mereka.

“ Kelanjutan dari kursus ini nantinya adalah terbentuknya sebuah Forum Peduli Pemilu”, ungkap Happy.

Yang menggembirakan, animo masyarakat mengikuti kursus kepemiluan itu cukup tinggi dimana jumlah pendaftar melebihi quota yang ditentukan, sehingga pihak KPU melakukan seleksi dan memilih 105 orang peserta dengan gender yang berimbang.

Selain itu selama diskusi hal yang sering mencuat kepermukaan yakni mengenai Money Politic.

“ Hal ini paling sering ditanya peserta, tapi masalahnya tidak pernah ada yang secara serius melaporkan tentang praktek uang ini”, sesalnya.

Adapun narasumber pada Kursus Kepemiluan tersebut yakni para mantan ketua dan komisioner KPU Kota Gunungsitoli dan Ketua KPU Kabupaten Nias periode sebelumnya. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00