• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Pemkot Gunungsitoli Serahkan Bantuan Produksi dan Klaim Asuransi Nelayan

28 November
21:04 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan dan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia di lokasi Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli. Acara tersebut mengangkat tema Lestari Alamku Lestari Kotaku.

Dalam acara tersebut terdapat beberapa point kegiatan yang telah dilakukan diantaranya, penilaian kampung ramah lingkungan, penilaian sekolah ramah lingkungan, lomba kreasi daur ulang sampah, keikutsertaan jambore lingkungan hidup tingkat provinsi Sumatera utara, dan juga penanaman bibit pohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo S.Sos Msi mengatakan, maksud dari kegiatan tersebut guna mengajak seluruh masyarakat untuk menyadari bahwa upaya penyelamatan bumi sebagai tempat hidup. 

"Ini adalah tanggung jawab kita masing-masing, baik secara sendiri maupun bersama-sama sehingga disimpulkan bahwa keberhasilan dari kegiatan gerakan peduli lingkungan itu terletak pada seberapa besar rasa tanggungjawab kepada generasi penerus yang akan mewarisi bumi tempat kita berpijak," ujar Yarniwati Gulo, Rabu (28/11/2018).

Sementara itu, kegiatan juga dirangkai dengan Serah Terima bantuan Sarana Produksi Perikanan dan Klaim Asuransi Nelayan tahun anggaran 2018 oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Gunungsitoli.

Adapun bantuan yang diberikan diantaranya kapal motor berkapasitas 3 gross ton dan alat tangkap ikan serta penyerahan asuransi nelayan kepada 2 orang penerima masing-masing 200 juta rupiah dan 20 juta rupiah.

Dikatakan salah seorang penerima asuransi yakni ahli waris almarhum Firman Zai yang dinyatakan meninggal dan hilang di laut, bahwa dirinya bersyukur atas bantuan tersebut. Dia berjanji akan menggunakan dana untuk pengembangan usahanya.

“Saya akan gunakan dananya untuk mengembangkan usaha saya, selama ini saya  berjualan kue, serta untuk biaya sekolah anak-anak kami,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua mengatakan, melalui dua momen besar yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kelautan dan perikanan Kota Gunungsitoli, masyarakat dihimbau untuk lebih meningkatkan peran dalam menjaga lingkungan yang dapat dimulai dari lingkungan sekitar. 

"Kepada para nelayan agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan yang telah diberikan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya," jelas Walikota.

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00