• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Bupati Nias Sampaikan Pendapat Akhir Ranperda APBD Kabupaten Nias TA 2019

26 November
23:40 2018
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Ketua DPRD Kabupaten Nias pimpin rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan persetujuan bersama terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019, yang di gelar di ruang sidang DPRD kabupaten Nias, Senin (26/11/2018). Sidang paripurna tersebut di hadiri Bupati Nias, pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Nias, Forkopimda, kepala OPD dilingkup pemkab Nias, dan undangn lainnya.

Pada rapat paripurna pengambilan keputusan persetujuan bersama terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019 memiliki beberapa agenda diantaranya penyampaian pendapat fraksi, permintaan persetujuan dewan, penyampaian pendapat akhir Bupati Nias, pembacaan keputusan DPRD dan berita acara persetujuan bersamadan penandatangan keputusan DPRD dan berita acara persetujuan bersama.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli,S.Pd menyampaikan bahwa sidang paripurna yang digelar ini merupakan tahapan akhir dari proses pembahasan rancangan perda tentang APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019, dimana pembahasan rancangan perda ini telah dimulai sejak tanggal 6 November 2018 yang lalu.

Sementara itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo laoli,MM dalam sambutannya pada penyampaian pendapat akhir atas persetujuan bersama rancanagan peraturan daerah kabupaten Nias tentang APBD kabupaten Nias tahun 2019 menyampaikan bahwa, rancangan peraturan daerah kabupaten Nias tentang APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019 di susun dengan mempedomani peraturan menteri dalam negeri nomor 21 tahun 2011tentang perubahan kedua atas peraturan menteri dalam negeri nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2019.

“ penyususnan rancangan APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019 telah melalui tahapan pembahasan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yang diawali dengan pembahasan KUA dan PPAS APBD kabupaten Nias tahun 2019 oleh badan anggaran DPRD kabupaten Nias bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah serta perangkat daerah di lingkup pemkab Nias, sebagaimana telah disepakati bersama melalui Nota kesepakatan antar pemerintah kabupaten Nias dengan DPRD kabupaten Nias pada 12 November 2018 yang lalu “ Ujarnya.

Dilanjutkan Bupati Nias, dalam rancangan APBD pemkab Nias tahun anggaran 2019 ini masih terdapat aspirasi dan usulan kegiatan pembangunan fisik yang belum sepenuhnya terakomodir. hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber pendapatan daerah yang tersedia, sehingga lebih mengutamakan pengelolaan anggaran untuk membiayai kebutuhan yang sangat prioritas dan secara nyata dibutuhkan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan hingga akhir tahun 2019.

“ Namun demikian pemerintah kabupaten Nias bersama bersama dengan DPRD senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang optimal serta peningkatan kesehajteraan masyarakat “ kata Bupati Nias

Pada kesempatan itu Bupati Nias mengharapakan kepada perangkat daerah untuk segera melakukan langkah langkah dan upayapercepatan pelaksanaan program dan kegiatan khususnya kegiatan fosik yang telah dianggarakan dalam Rancangan APBD kabupaten Nias tahun anggaran 2019, dengan tetap mempedomani ketentuan dan peraturan yang berlaku. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00