• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Nias Utara Tampilkan Seni Budaya Di Acara Yaahowu Nias Festival.

19 November
19:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Penyelenggaraan Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias Tahun 2018 merupakan ajang menampilkan berbagai atraksi seni budaya dan tradisi yang melibatkan 5 (lima) Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias yang telah berlangsung mulai dari tanggal 16 s/d 20 November 2018 mendatang.

Masing-masing pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias sangat berperan aktif dalam mewujudkan dan memberikan kontribusi yang maksimal dalam memberikan kontribusi yang maksimal dalam mengisi dan mengemas Pagelaran Seni-Budaya untuk memeriahkan Ya’ahowu Nias Festival yang kita banggakan ini.

Hal itu di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S. Kep., M. Kep., NSpM mewakili Bupati Nias Utara pada kata sambutannya dalam acara Malam Pagelaran Seni-Budaya Kabupaten Nias Utara dalam penyelenggaraan Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam.

Yafeti menyatakan, momen ini sangat penting bagi pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias karena hal ini merupakan ajang promosi budaya dan pariwisata daerah serta proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat.

“ Kami yakin bahwa melalui Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias ini justru kita semakin diperhitungkan dalam peta pariwisata nasional sehingga angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara semakin meningkat karena Ya’ahowu Nias Festival ini termasuk dalam 100 Wonderful Event Pariwisata Nasional Indonesia”. Ungkap, Yafeti.

Yafeti menyebutkan, wujud dukungan dan semangat kebersamaan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara menampilkan beberapa jenis Pagelaran Seni-Budaya keikutsertaan pada Yaahowu Nias Festival dengan mengenakan Saembu (Balahögô) sebagai ciri khas adat Nias Utara.

Kemudian,  Tari Lailö Yöu sebagai medley Kabupaten Nias Utara, Atraksi musik Tradisional Nias Utara Hubölö Lailö, atraksi Manamakhe Nias Utara, Tari Maena Kreasi dan atraksi Kahe-Kahe serta keikutsertaan pada kegiatan-kegiatan lainnya dalam memeriahkan Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias tahun 2018. (MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00