• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Bawaslu Gandeng Akademisi dan Pegiat Pemilu untuk Merumuskan IKP 2019

16 November
09:37 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Antar Masyarakat pada Bawaslu Kota Gunungsitoli Nur Alia Lase menilai, perlu menyempurnakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Pasalnya, IKP merupakan salah satu pedoman untuk merumuskan strategi pencegahan pelanggaran Pemilu.

Untuk itu, Bawaslu Kota Gunungsitoli menggandeng sejumlah akademisi dan pegiat pemilu untuk merumuskan IKP 2019.

IKP ini, jelas Nur Alia, telah menjadi referensi bagi lembaga lain dalam memetakan konsep pencegahan pelanggaran Pemilu maupun Pilkada, sehingga kehadiran IKP sangat ditunggu. "IKP memang diharapkan dapat menjadikan patokan untuk merumuskan startegi pencegahan yang lebih tepat," ujar Nur Alia, Jum’at (16/11/2018).

Pada kesempatan yang sama, Nur Alia menyatakan pentingnya merumuskan IKP karena IKP merupakan awal pemetaan pelanggaran Pemilu.

"IKP ini sudah menjadi tradisi riset yang dikembangkan Bawaslu yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. IKP merupakan perwujudan amanat Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, bahwa Bawaslu harus mampu memetakan potensi kerawanan yang merupakan bagian dari pencegahan," terangnya. (IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00