• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Dekranasda Kabupaten Nias Gelar Pelatihan Pengolahan Tenun

8 November
22:11 2018
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Bupati Nias yang diwakili oleh Sekretaris daerah kabupaten Nias membuka secara langsung kegiatan pelatihan pengolahan tenun yang di fasilitasi oleh Tim Fasilitasi dewan kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Nias yang bekerjasama dengan dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Nias, (kamis/8/11/2018).

Kegiatan yang di gelar di gedung PKK kabupaten Nias tersebut, dihadiri Ketua Dekranasda kabupaten Nias, kepala OPD, para camat, personil tim fasilitas Dekranasda kabupaten Nias, para peserta pelatihan pengolahan tenun, dan undangan lainnya.

Ketua Dekranasda kabupaten Nias Nyonya Tikna Murni S.Laoli menyampaikan bahwa, kegiatan pelatihan  tenun ini merupakan kegiatan perdana di kabupaten Nias dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan industri kerajinan daerah melalui Dekranasda kabupaten Nias dan sekaligus sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan produk kerajinan daerah sesuai dengan potensi budaya daerah.

“pelatihan ini sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan produk kerajinan daerah sesuai dengan potensi budaya daerah “ Ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs.F.Yanus Larosa,M.AP saat membuka kegiatan pelatihan pengolahan tenun menyampaikan bahwa program pembinaan dan pengembangan terhadap industrin kecil dan menengah di kabupaten Nias patut didukung dan dikembangkan sehingga kelak bisa menghasilkan icon unggulan daerah yang dikenal oleh masyarakat luas.

Dikatakannya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI telah mencanangkan program untuk setiap daerah dengan istilah “ One Village One Produck (OVOP) “ Artinya, satu desa satu produk. Produk yang diharpakan merupakan produk unggulan daerah yang memiliki standar nilai jual dan berdaya saing.

“ pada prinsipnya pemerintah kabupaten Nias sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, sehingga  bisa menghasilkan icon unggulan daerah yang dikenal oleh masyarakat luas “ Ujar Sekda

Pada kesempatan itu juga Sekretaris daerah kabupaten Nias menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda serta dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Nias atas terwujudnya sinergitas dalam mendukung program pengembangan dan pembinaan industri kecil dan menengah di kabupaten Nias melalui penyelenggaraan pelatihan pengolahan tenun di kabupaten Nias. Sehingga pasca pelatihan ini kiranya dapat terus berkesinambungan yang dapat menghasilkan produk produk unggulan kerajinan hasil tenun daerah di masing masing desa di Kabupaten Nias.

Kegiatan pelatihan tenun tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 8 sampai 10 November 2018 dan di ikuti lima kelompok di kabupaten Nias yang di bekali dengan peningkatan pengetahuan dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. (Bobi R/ASB)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00