• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

LBN dan Dinas Pariwisata Sosialisasikan Adat Nias di Kota Gunungsitoli

8 November
16:10 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Dinas Pariwisata menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Adat Nias di Kota Gunungsitoli dengan mengundang beberapa tokoh adat baik sebagai peserta maupun sebagai narasumber, Kamis (8/11/2018).

Kepala Dinas Pariwisata kota Gunungsitoli Y. Harefa mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi tersebut sebagai wujud kemitraan pemerintah Kota Gunungsitoli dengan Lembaga Budaya Nias di Kota Gunungsitoli yang bertujuan meningkatkan pemahaman kepada peserta dan masyarakat dalam implementasi pelaksanaan adat istiadat dan budaya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zebua saat membuka kegiatan sosialisasi itu mengatakan minimnya referensi membuat ketidakseragaman implementasi adat di tengah-tengah masyarakat, belum lagi dengan perkembangan globalisasi yang semakin meminggirkan adat.

Adapun materi dan narasumber yang diundang pada sosialisasi tersebut yakni Pemberian Gelar Ni’owalu (Famotoro Toi Niowalu) menurut budaya Nias Kota Gunungsitoli oleh Ketua LBN Kota Gunungsitoli Drs. Nehemia Harefa, Pakaian dan Busana Tradisional Nias oleh Drs. Baziduhu Zebua, Fame’e Laeduru molo’o hada nono niha dan molo’o wa’aniha keriso oleh Pendeta Tuhoni Telaumbanua, Pelaksanaan Fangowalu (pesta kawin) secara adat Nias menurut Fondrako yang ada di Kota Gunungsitoli oleh Benyamin Harefa, Ornamen Nias dan penggunaannya oleh Drs. Sorayana Zebua dan Kreativasi Ornamen Tradisional Nias di Kota Gunungsitoli oleh Drs. Yasato Harefa.

“ Sekarang banyak yang mendapat gelar Barasi tanpa mengetahui apa dirinya pantas menerima gelar tersebut”, terang Nehemia Harefa, Ketua Lembaga Budaya Nias (LBN) Kota Gunungsitoli.

“ Inilah yang kita luruskan, kekeliruan-kekeliruan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat”, pungkasnya. (IND) 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00