• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya Dan Pariwisata

Akhirnya, Jakarta-Nias PP Tanpa Transit Mulai Tanggal 16 November 2018

8 November
16:02 2018
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Kabar gembira bagi masyarakat kepulauan Nias, mulai tanggal 16 November mendatang, penerbangan langsung dari Jakarta-Nias dan Nias-Jakarta akan dilayani oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Ketua DPP HIMNI yang membidangi Seni Budaya dan Pariwisata Penyabar Nakhe yang dikonfirmasi RRI mengungkapkan setelah berjuang beberapa lama agar penerbangan dari dan ke Jakarta tidak lagi transit di Kualanamu Medan, akhirnya dicapai kesepakatan bahwa  Penerbangan Perdana Garuda dari Jakarta-Nias akan dilakukan pada tanggal 16 November 2018.

Memang diakuinya ada beberapa kendala yang mencuat di permukaan dengan namun pada akhirnya bisa didapatkan solusi terbaik saat berlangsung pertemuan antara Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoli bersama Kepala Daerah se-kepulauan Nias, dengan Direktur Komersial PT. Garuda Indonesia dan Direktur Pertamina.

“ Ini tidak lepas dari komitmen kepala daerah untuk memberikan dana hibah sebesar Rp. 2 Milyar”, jelas Nakhe, Kamis (8/11/2018).

Dana hibah itu sebagai jaminan ketika quota penumpang tidak mencapai 75 orang dalam sekali penerbangan, maka pemda yang akan menutupinya.

“ Ini untuk awal saja, prediksi kita setelah 3 bulan, quota penumpang pasti terpenuhi”, tambahnya.

Penyabar mengakui tidak bisa di pungkiri sosok Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoli sebagai putra daerah Nias pada akhirnya yang meyakinkan Garuda dan Pertamina untuk melayani penerbangan Jakarta-Nias PP.

Adapun pesawat Garuda yang akan melayani rute Jakarta Nias-Nias Jakarta sebutnya jenis Bomber dengan kapasitas penumpang 100 orang, setiap rute pesawat akan singgah di Padang untuk mengisi bahan bakar selama kurang lebih 20 menit. Kepada Garuda akan diusulkan agar frekuensi penerbangan 3 kali seminggu yakni hari Rabu, Jum’at dan Minggu, sehingga warga yang ingin berlibur ke kepulauan Nias bisa berangkat Jum’at dan kembali ke Jakarta pada hari Minggu.

Penyabar mengatakan usai kesepakatan tersebut, maka tanggal 14 November 2018 ditindaklanjuti dengan penandaantanganan kerjasama.

Penerbangan langsung Jakarta-Nias tidak pelak menggairahkan kembali dunia pariwisata kepulauan Nias, apalagi bertepatan dengan pelaksanaan Ya’ahowu Nias Festival 16-20 November 2018. Cost yang dikeluarkan bisa dihemat hingga Rp. 700 ribu dan lama terbang sekitar 120 menit.

“ Wah ini baru kabar gembira, dengan penerbangan langsung tidak ada lagi cerita delay berjam-jam di Kualanamu”, sambut Thomas Zebua salah seorang warga Kota Gunungsitoli. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00