• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF

7 November
16:41 2018
0 Votes (0)

Gunungsitoli, KBRN: Sehubungan dengan surat dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias tentang pelaksanaan sosialisasi akreditasi PAUD dan PNF tahun 2018 di Kabupaten Nias, maka digelar Sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias.

Kegiatan ini dihadiri oleh 36 Lembaga PAUD dan PNF yang sudah mengajukan akreditasi pada BAN Sumatera Utara dan dianggap layak.

Salah seorang peserta kegiatan sekaligus Ketua PAUD SOLIDER Idanohili Kecamatan Ulugawo Nopenius Zai menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kinerja dari lembaga PAUD PNF.

"Juga menentukan tingkat kelayakan lembaga tersebut dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan anak usia dini," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, materi yang disosialisasikan adalah akreditasi online yang telah menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) PAUD PNF 2018. Setelah sosialisasi ini peserta akan dibimbing untuk mendaftar di aplikasi Sistem penilaian akreditasi (Sispena) PNF.

Akreditasi merupakan upaya untuk menstandarisasi satuan Pendidikan dengan standarisasi yang sudah baku, artinya membandingkan antara apa yang ada disatuan Pendidikan dengan instrumen akreditasi yang sudah standarisasi secara Nasional, seperti, bagaimana hasil akademik dari satuan pendidikan tersebut, Ekstra Kurikuler apa yang ada pada satuan pendidikan tersebut, hingga Performance sekolah yakni sejauh mana sekolah itu sudah mencerminkan keberadaan sekolah yang sebenarnya,”ungkapnya.

Ia berharap, lembaga PAUD dan PNF di wilayah Kabupaten Nias dapat terakreditasi dengan nilai yang memuaskan sehingga kedepan dinyatakan benar-benar layak sebagai lembaga pelayanan pendidikan anak usia dini dan non formal. (IDA)

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00